PERAN DUTA WISATA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA MAKASSAR

M. Aqiel Rifky Afryan(1), mauliadi ramli(2*),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Persepsi masyarakat Kota Makassar terhadap Duta Wisata (2) Bentuk peran Duta Wisata dalam memperkenalkan potensi pariwisata di Kota Makassar (3) Dampak peran Duta Wisata dalam promosi potensi wisata di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penentuan informan menggunakan Teknik purposive sampling dengan kriteria informan yang telah ditentukan yaitu Duta Wisata Kota Makassar, Kepala serta pejabat terkait dalam Dinas Pariwisata Kota Makassar, Masyarakat Kota Makassar yang telah berdomisili minimal 10 tahun, Tokoh budaya dan pecinta budaya Kota Makassar. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Serta analisis datanya dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Persepsi masyarakat dengan adanya Duta Wisata meliputi persepsi positif dan persepsi negatif (2) Bentuk peran yang dilakukan Duta Wisata yaitu a) agent of change b) Promotor wisata sejarah dan kuliner c) Perwakilan ajang kegiatan kepariwisataan d) influencer wisata (3) Dampak dari peran Duta Wisata ini meliputi a) Dampak terhadap program kerja dinas pariwisata b) Dampak terhadap program Makassar Tidak Rantasa serta c) Dampak terhadap perekonomian masyarakat binaan.

 

 

 


Keywords


Kata Kunci : Pariwisata, Duta Wisata, Peran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achnes, S., & Randa, R. (2015). Peran Duta Wisata dalam Mempromosikan Pariwisata Kabupaten Solok. Riau University.

Adikampana, I. M. (2017). Pariwisata Berbasis Masyarakat (S. Trisila (ed.)). CAKRA PRESS.

Ahmadin. (2013). Metode Penelitian Sosial. Rayhan Intermedia.

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.

Amirudin, S. A. (2018). Penerapan strategi edukasi pasar sekolah umroh di LBIH Multazam Prima Utama. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Andriyani, L. (2014). Peran Duta Wisata Dalam Mempromosikan Kebudayaan dan Pariwisata di Kalimantan Timur.

Arnstein, S. R. (1969). A ladder of citizen participation. Journal of the American Institute of Planners, 35(4), 216–224.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.

Choguill, M. B. G. (1996). A ladder of community participation for underdeveloped countries. Habitat International, 20(3), 431–444.

Devianty, R. (2019). Pengantar Ilmu sosial.

Dharmawan, A. H. (2007). Dinamika sosio-ekologi pedesaan: Perspektif dan pertautan keilmuan ekologi manusia, sosiologi lingkungan dan ekologi politik. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 1(1).

Hadisusanto, S., Eprilurahman, R., Purnomo, D., Yudha, S., Trijoko, S., Sudibyo, P., Asti, H. A., Ramadani, R. S., Sancayaningsih, R. P., & Pranoto, F. X. S. (2018). Keanekaragaman hayati di Gianyar. UGM PRESS.

Handoko, W. (2007). Sumberdaya Arkeologi Menuju Industri Pariwisata di Maluku: Masalah, Peluang, Tantangan dan Solusinya. Kapata Arkeologi, 119–139.

Hartini, R., Husamah, H., Purwanti, E., Hudha, A. M., Adityo, A., Faizah, A. Z., Putri, A. A., Setiawan, A., Arifin, B., & Abidasari, E. (2016). Pemahaman Lingkungan Secara Holistik. PSLK UMM dan UMM Press.

Husaini, M. (2022). Teori-Teori Ekologi. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 116–137.

Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi perkotaan: memahami masyarakat kota dan problematikanya. Pustaka Setia.


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.