KEHIDUPAN PETANI RUMPUT LAUT DI DESA PA’JUKUKANG KABUPATEN BANTAENG

Nur Inzani Adnan(1), Muh Rizal(2*),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kehidupan sosial ekonomi petani rumput laut di Desa Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. (2) Untuk mengetahui pola kerja yang diterapkan petani rumput laut Di Desa Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. (3) Untuk mengetahui orientasi nilai budaya petani rumput laut di Desa Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisa dan dituliskan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Kehidupan sosial ekonomi petani rumput laut di desa Pa’jukukang di lihat dari tiga aspek. Yaitu, Pekerjaan masyarakat, Tingkat Pendidikan, dan Pendapatan masyarakat. (2) Pola kerja yang di terapkan petani rumput laut di desa Pa’jukukang yaitu, Pemilihan lokasi yang strategis bagi penanaman rumput laut, Persiapan penanaman, Penanaman, Pemanenan, hingga pada Pemeliharaan. (3) Orientasi nilai budaya petani rumput laut di desa Pa’jukukang berorientasi pada kebudayaan tentunya menjadi suatu hal yang hidup terus menerus dan berkembang di masyarakat yang beragam dan dijadikan sebagai pedoman tingkah laku, Mereka dapat mengkonstruk nilai-nilai kebudayaan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Mulai dari hubungan antar sesama masyarakat, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

 


Keywords


Kata Kunci: Kesejahteraan, Moral Ekonomi, Petani Rumput Laut

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akrim, D., Dirawan, G. D., & Rauf, B. A. (2019). Perkembangan Budidaya Rumput Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir Di Indonesia. UNM Environmental Journals, 2(2), 52–56.

David, F. R. (2012). Strategic Management : Manajemen Strategis konsep (cet. 12). Salemba Empat.

Dutta, P. (2020). Democratic Decentralization and Participatory Development: Focus on Bangladesh. Journal of Contemporary Governance and Public Policy, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.46507/jcgpp.v1i2.23

Nurdjana, M. (2010). Membangkitkan Kejayaan Indonesia Sebagai Negara Maritim. Seminar Nasional. FIKP Universitas Hasanuddin Makassar.

Pandelaki, L. (2012). Strategi pengembangan budidaya rumput laut di pulau Nain Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Perikanan Dan Kelautan Tropis, 8(2), 52–57.

Qodriyatun, S. N. (2017). Perlindungan Terhadap Pengetahuan Tradisional Masyarakat Atas Pemanfaatan Sumber Daya Genetik (Sdg). Kajian, 21(1), 141-159.

Ridwan, A. (2019). Strategi Pengembangan Potensi Sumber Daya Genetik Lokal Jambi. In Seminar Nasional Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Sumber Daya Lokal, (pp. 14-24).

Salusu, J. (2006). Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Grasindo.

Serdiati, N., & Widiastuti, I. M. (2010). Pertumbuhan dan produksi rumput laut Eucheuma cottonii pada kedalaman penanaman yang berbeda. Media Litbang Sulteng, 3(1).

Utojo, U., Mansyur, A., Pantjara, B., Pirzan, A. M., & Hasnawi, H. (2016). Kondisi lingkungan perairan teluk mallasoro yang layak untuk lokasi pengembangan budi daya rumput laut (Eucheuma sp). Jurnal Riset Akuakultur, 2(2), 243–255.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.