PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER KEBANGSAAN PADA PESERTA DIDIK SMA KATOLIK CENDRAWASIH MAKASSAR KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR SULAWESI SELATAN

Victor Junadi Nari(1*), Supriadi Torro(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui makna tentang nilai- nilai karakter kebangsaan oleh peserta didik di SMA Katolik Cendrawasih Makassar; 2) Untuk Mengetahui proses Penanaman Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan diterapkan pada Peserta didik SMA Katolik Cendrawasih Makassar;

3) Untuk Mengetahui Faktor pendorong penanaman nilai-nilai karakter kebangsaan Peserta didik di SMA Katolik Cendrawasih Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan informan Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum dan salah satu guru yang ditunjuk oleh sekolah serta lima orang peserta didik SMA Katolik Cendrawasih Makassar yang dipilih melalui purposive sampling. Peneliti melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Hubermen. Hasil penelitian ini menunjukan: 1). Peserta didik memaknai nilai-nilai karakter: a. Religius, sebuah nilai yang mengajarkan tentang iman dan kepercayaan serta menghargai perbedaan; b. Nasionalisme dengan selalu terlibat aktif dalam pelaksanaan upacara bendera, baik upacara bendera yang di laksanakan rutin setiap hari senin juga upacara bendera dalam memperingati hari- hari besar nasional; c. Kemandirian dengan menyelesaikan suatu pekerjaan secara mandiri tanpa harus meminta kepada orang lain, tidak bergantung kepada orang lain serta menjalankan dan menyelesaikan suatu pekerjaan tanpa harus menunggu disuruh; d. Gotong Royong suatu tindakan yang dapat menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama; e. Integritas sikap yang dapat dipercaya serta berlaku jujur dalam setiap tindakan. 2). Peroses penanaman nilai karakter di SMA Katolik Cendrawasih Makassar dilaksanakan melalui proses pembelajaran yang meliputi tahap perencanaan; Merancang Silabus dan RPP dan pelaksanaan; berupa pembiasaan dan budaya sekolah serta melalui laporan nilai karakter. 3). Faktor yang menjadi pendorong penanaman nilai-nilai pendidikan karakter kebangsaan di SMA Katolik Cendrawasih Makassar adalah; Kurikulum dan Catatan Strategis (Nota Yayasan) yang dibuat oleh pihak Yayasan Paulus Makassar.

 

 

 


Keywords


Kata Kunci: Karakter, Kebangsaan, Nilai

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Agustinova, Danu Eko. 2015. Memahami Metode penelitian Kualitatif; Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis.

Ahmadi, M.Z., Haris, H., & Akbal, M. 2020. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Phinisi Integration Reeview, 3(2), 305- 315.

Ahmadin. 2013. Metode Penelitian Sosial. Makassar: Raihan Intermedia

Akuba, M. . (2023). KONSEP PENANAMAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran , 1 (1), 21 –. https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v1i1.13

Armi, S., Adisel, A., & Saltifa, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (Komik) Matematika Berbasis Karakter Kebangsaan. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 3(2), 57-64.

https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v3i2.1426

Asep Hermawan.2006. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia

Azis, Hamka Abdul. 2011. Pendidikan Karakter Berpusat pada hati. Jakarta: AL- Marwadi.

Azizah, Nur. 2015. Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Agama Islam di SMA Negeri 1 Waleri Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. UIN Walisongo, Semarang.

Budiarto, D., & Kyswantoro, S. (2021). Analisis-Faktor Faktor Yg Mempengaruhi Pendapatan Usaha Pangkalan Elpiji 3 Kg Di Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sosial , 4 (1), 27-35. https://doi.org/10.56071/jemes.v4i1.256

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Djahiri, A Kosasih.1985. Menelusuri Dunia Afektif Pendidikan Nilai dan Moral.

Bandung: Lab Pengajaran PMP IKIP

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Efendi, N., Baskara, R. S., & Fitria, Y. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di SDN 13 Lolong Belanti Padang. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 155-165. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9747

Fahruroji & Marwan Setiawan. 2020. MASYARAKAT MADANI: Pluralisme dan Multikulturalisme. Yogyakarta: Zahir Publishing

Furkan, Nuril. 2014. The Implementation Of Character Education Trough The School Chulture In SMA Negeri 1 Dompu And SMA Negeri 1 Kilo Dompu Regency. Yogyakarta: Journal of Literature, Languages and Linguistics-An open Access International Journal Vol.3. Yogyakarta States University.


Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.