PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER KEBANGSAAN PADA PESERTA DIDIK SMA KATOLIK CENDRAWASIH MAKASSAR KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR SULAWESI SELATAN
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui makna tentang nilai- nilai karakter kebangsaan oleh peserta didik di SMA Katolik Cendrawasih Makassar; 2) Untuk Mengetahui proses Penanaman Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan diterapkan pada Peserta didik SMA Katolik Cendrawasih Makassar;
3) Untuk Mengetahui Faktor pendorong penanaman nilai-nilai karakter kebangsaan Peserta didik di SMA Katolik Cendrawasih Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan informan Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum dan salah satu guru yang ditunjuk oleh sekolah serta lima orang peserta didik SMA Katolik Cendrawasih Makassar yang dipilih melalui purposive sampling. Peneliti melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Hubermen. Hasil penelitian ini menunjukan: 1). Peserta didik memaknai nilai-nilai karakter: a. Religius, sebuah nilai yang mengajarkan tentang iman dan kepercayaan serta menghargai perbedaan; b. Nasionalisme dengan selalu terlibat aktif dalam pelaksanaan upacara bendera, baik upacara bendera yang di laksanakan rutin setiap hari senin juga upacara bendera dalam memperingati hari- hari besar nasional; c. Kemandirian dengan menyelesaikan suatu pekerjaan secara mandiri tanpa harus meminta kepada orang lain, tidak bergantung kepada orang lain serta menjalankan dan menyelesaikan suatu pekerjaan tanpa harus menunggu disuruh; d. Gotong Royong suatu tindakan yang dapat menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama; e. Integritas sikap yang dapat dipercaya serta berlaku jujur dalam setiap tindakan. 2). Peroses penanaman nilai karakter di SMA Katolik Cendrawasih Makassar dilaksanakan melalui proses pembelajaran yang meliputi tahap perencanaan; Merancang Silabus dan RPP dan pelaksanaan; berupa pembiasaan dan budaya sekolah serta melalui laporan nilai karakter. 3). Faktor yang menjadi pendorong penanaman nilai-nilai pendidikan karakter kebangsaan di SMA Katolik Cendrawasih Makassar adalah; Kurikulum dan Catatan Strategis (Nota Yayasan) yang dibuat oleh pihak Yayasan Paulus Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Agustinova, Danu Eko. 2015. Memahami Metode penelitian Kualitatif; Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis.
Ahmadi, M.Z., Haris, H., & Akbal, M. 2020. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Phinisi Integration Reeview, 3(2), 305- 315.
Ahmadin. 2013. Metode Penelitian Sosial. Makassar: Raihan Intermedia
Akuba, M. . (2023). KONSEP PENANAMAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran , 1 (1), 21 –. https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v1i1.13
Armi, S., Adisel, A., & Saltifa, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (Komik) Matematika Berbasis Karakter Kebangsaan. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 3(2), 57-64.
https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v3i2.1426
Asep Hermawan.2006. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia
Azis, Hamka Abdul. 2011. Pendidikan Karakter Berpusat pada hati. Jakarta: AL- Marwadi.
Azizah, Nur. 2015. Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Agama Islam di SMA Negeri 1 Waleri Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. UIN Walisongo, Semarang.
Budiarto, D., & Kyswantoro, S. (2021). Analisis-Faktor Faktor Yg Mempengaruhi Pendapatan Usaha Pangkalan Elpiji 3 Kg Di Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sosial , 4 (1), 27-35. https://doi.org/10.56071/jemes.v4i1.256
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.
Djahiri, A Kosasih.1985. Menelusuri Dunia Afektif Pendidikan Nilai dan Moral.
Bandung: Lab Pengajaran PMP IKIP
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Efendi, N., Baskara, R. S., & Fitria, Y. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di SDN 13 Lolong Belanti Padang. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 155-165. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9747
Fahruroji & Marwan Setiawan. 2020. MASYARAKAT MADANI: Pluralisme dan Multikulturalisme. Yogyakarta: Zahir Publishing
Furkan, Nuril. 2014. The Implementation Of Character Education Trough The School Chulture In SMA Negeri 1 Dompu And SMA Negeri 1 Kilo Dompu Regency. Yogyakarta: Journal of Literature, Languages and Linguistics-An open Access International Journal Vol.3. Yogyakarta States University.
Article Metrics
Abstract view : 67 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.