KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN POHON AREN DI DESA SAOTENGNGA KECAMATAN SINJAI TENGAH KABUPATEN SINJAI

rusli .(1), Dyan Paramitha Darmayanti(2*),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Mengapa Masyarakat Desa Saotengnga masih mempertahankan pengetahuan tradisional pengolahan gula aren. 2). Bagaimana bentuk kearifan lokal di Desa Saotengnga dalam pemanfaatan pohon aren. 3).Manfaat yang diperoleh masyarakat dalam pemanfaatan pohon aren di Desa Saotengnga. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti diantaranya: observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Proses pengumpulan data yang dilakukan peneliti diantaranya: reduksi data, display data, analisis perbandingan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Masyarakat Desa Saotengnga masih mempertahankan pengetahuan tradisional pengolahan gula aren karena 3 faktor,1. Faktor cultural. 2. Faktor religius. 3. Faktor ekonomi. 2) Bentuk kearifan lokal di Desa Saotengnga dalam pemanfaatan pohon aren Proses pengolahan dan memasak nira aren menjadi gula aren menggunakan alat – alat tradisional dan bahan organik seperti tangga, bahan bakar menggunakan kayu, abu yang berasal dari kayu bakar limbahnya bisa dimanfaatkan untuk abu gosok dan juga bisa digunakan untuk pupuk,kemudian alat cetakan gula aren terbuat dari temprung kelapa, dan kemasan gula enau menggunakan pembungkus yang berwawasan lingkungan, dan penyadapan dilakukan pagi dan sore hari sehingga adanya penghematan energi karena tidak memerlukan listrik untuk penerangan. 3) Manfaat yang diperoleh masyarakat dalam pemanfaatan pohon aren di Desa Saotengnga, bagian dari pohon aren semuanya bernilai ekonomis bila diamnfaatkan semuanya, air nira aren sebagai bahan baku utama pembuatan gula merah, buah diolah menjadi kolang-kaling, ijuk sebagai bahan baku untuk sapu ijuk, daun diambil lidinya untuk pembuatan sapu lidi dan akarnya bisa dijdikan obat peluruh air seni dan peluruh haid.

 


Keywords


Kata Kunci: Kearifan lokal, Masyarakat, Tradisi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, M. Y., Utami, R. D. & Nurfadillah. (2018). Selisik makna pamali dalam kehidupan masyarakat suku kajang kabupaten bulukumba melalui kajian semiotika sosial halliday. Jurnal Penelitian dan Penalaran (PENA). 5(2) : 951-963.

Alfian, Mangdalia. 2013. Potensi Kearifan Lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu Sosial. Universitas Negeri Medan. 1. (1):300-305.

Apandi Yusuf. (2007). Cara Membuat Gula Aren. Bandung: ckup.

Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Burhanuddin, N. (2020). Filsafat Ilmu (cetakan 2). Prenadamedia Group. Diamond, Jared (2017). The World Until Yesterday. Kepustakaan Populer

Gramedia Press. ISBN 9786024241926.

Deddy, Mulyana. 2010. Metodologi Penelitia Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Departemen Kehutanan. 2002. Materi Penyuluhan Pusat Penyuluhan Kehutanan.

Jakarta.

Dinas Kehutanan dan Perkebunan-Pemerintah Kabupaten Lebak, (2016). Rencana Aksi Pengembangan Kawasan Berbasis Komoditas Perkebunan Aren, Kakao dan Kelapa Tahun 2017-2021

Duryat dan Qurniati, R. 2017. Budidaya tanaman aren sebagai langkah strategis mewujudkan hutan lestari masyarakat sejahtera oleh kkn ppm universitas lampung. Artikel http://repository.lppm.unila.ac.id/7843/1/seminar%20 pengabdian.pdf. diakses pada tanggal 10 Maret 2021 pukul 04.00.

Endraswara, S. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Endraswara, S. (2021). Metodologi Penelitian Kebudayaan (cetakan ke). Gadjah Mada University Press.

Fajriani, Ulfa. 2014. Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Sosio Dadikta. 1. (2): 124-130.

Giovani, G. & Purwohandoyo, J.(2016). Pengaruh Industri Gula Aren terhadap Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Pemilik Industri di Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak. Jurnal Bumi Indonesia. Volume 5 Nomor 4.

Hidayati, D. 2016. ―Memudarnya Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air.‖ Jurnal Kependudukan Indonesia. Volume 11:nomor 1.

Koentjaraningrat. 1998. Pengantar Antropologi II. Jakarta : PT Rineka Cipta


Article Metrics

Abstract view : 109 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.