POLA PERILAKU ROLEPLAYER DALAM DUNIA VIRTUAL: STUDI KASUS REMAJA DI KOTA MAKASSAR

Riska Marsya(1), Riri Amandaria(2*),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana perilaku remaja dalam dunia virtual roleplay di kota Makassar, (2) bagaimana dampak roleplay pada kehidupan remaja di kota Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen serta dokumentasi dan melibatkan sejumlah informan yang terkait langsung dengan roleplay. Berdasarkan hasil penelitian (1) perilaku remaja dalam dunia virtual roleplay adalah kegiatan yang dilakukan dalam dunia virtual hampir sama dengan aktivitas yang ada di dunia nyata namun menggunakan kode yang kerap disebut Imagine. (2) dampak yang dirasakan setelah mengenal dunia roleplay memiliki dampak positif maupun negatif. Dampak positifnya yaitu para roleplayer memiliki teman berbagi cerita, tidak merasa sendiri dan berbagai dampak positif lainnya. Sedangkan dampak negatif, di mana mereka menjadi lebih tertutup dan sejumlah aktivitas di dunia nyata menjadi tidak teratur.

 

 


Keywords


Kata Kunci : Roleplay, Remaja, Pola Perilaku

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadin. (2013). Metode Penelitian Sosial. Makassar: Rayhan Intermedia.

Ahmadin, A., Kurniawan, A., Dey, N. P. H., Awal, M. N., Djumaty, B. L., Prasetya, M. N., Puspitasari, M., Lopulalan, D. L. Y., Fitriyah, N., & Parahita, B. N. (2023). Sosiologi Ruang Publik Perkotaan. Bandung: CV Widina Media Utama.

Jermias, E. O., Rahman, A., & Awal, M. N. (2022). Penggunaan Instagram Oleh Remaja di Sekitar Wilayah Jalan Cenderawasih Kota Makassar. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(2), 65–72.

Koentjaraningrat. (1991). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Natalia, E. C. (2016). Remaja, media sosial dan cyberbullying. Komunikatif, 5(2), 119–139.

Rahman, A. (2022). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. No. December.

Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. PERSEPSI: Communication Journal, 3(1), 23–36.

Tafano, A. (2020). The Effect of Crazy professor Reading Game in Teaching Reading Comprehension at the Eight Grade of SMP SWASTA HKBP Sidorame Medan.

Widyatiari, L. S., & Ansyah, E. H. (2023). Confidence in Social Relationships of Roleplay Users in the Sidoarjo Roleplay Community. Indonesian Journal of Innovation Studies, 21, 10–21070.


Article Metrics

Abstract view : 123 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.