BUDAYA POP CULTURE JEPANG PADA EKSTRAKURIKULER SMUNEL JAPANESE COMMUNITY SMA NEGERI 5 MAKASSAR

Michael .(1*), Andi Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apa yang mendorong siswa untuk ikut serta dalam Smunel Japanese Community SMA Negeri 5 Makassar. (2) Bagaimana bentuk pelaksanaan budaya populer Jepang terhadap perkembangan ekstrakurikuler Smunel Japanese Community SMA Negeri 5 Makassar. (3) Apa bentuk positif dari budaya Jepang yang dipelajari oleh Ekstrakurikuler Smunel Japanese Community SMA Negeri 5 Makasssar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 20 orang yang memiliki kriteria anggota aktif ekstrakurikuler Smunel Japanese Community. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kualitatif melalui tiga tahap yaitu mengkaji data, reduksi data, penyusunan data. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Alasan yang mendorong siswa untuk ikut serta dalam Smunel Japanese Community SMA Negeri 5 Makassar adalah: (a) Minat terhadap budaya Jepang (b) Memperluas relasi (c) Penampilan showtime (d) Prestasi dan karya (e) Mudah diakses dan langka. (2) Bentuk pelaksanaan budaya populer Jepang yang dilakukan oleh Smunel Japanese Community SMA Negeri 5 Makassar meliputi: (a) Kegiatan Benkyoukai atau pembelejaran. (2) Kegiatan Workshop. (c) Kegiatan Gakuensai atau festival. (3) Bentuk positif dari budaya Jepang yang dipelajari oleh Ekstrakurikuler Smunel Japanese Community SMA Negeri 5 Makassar meliputi: (a) Prinsip bushido (b) Prinsip keishan (c) Prinsip kaizen (d) Prinsip shokunin (e) Budaya sopan dan mempedulikan orang lain.

 

 


Keywords


Kata Kunci : Budaya Jepang, Budaya Populer, Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alviyah, K., Pranawa, S., & Rahman, A. (2020). Perilaku Konsumsi Budaya Masyarakat dalam Tradisi Labuhan Ageng di Pantai Sembukan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 2(2), 135–143. https://doi.org/10.52483/ijsed.v2i2.28

Anggita, J. (2014). Kebudayaan sebagai Sistem Struktur : Suatu Perspektif Strukturalisme dan Cultural Studies 1. 1–4.

Berek, D. (2014). Fashion Sebagai Komunikasi Identitas Sub Budaya (Kajian Fenomenologis terhadap Komunitas Street Punk Semarang). INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 56–66.

Budi Setyaningrum, N. D. (2018). Budaya Lokal Di Era Global. Ekspresi Seni, 20(2), 102. https://doi.org/10.26887/ekse.v20i2.392

Budianto, F. (2015). Anime, Cool Japan, dan Globalisasi Budaya Pupuler. Jurnal Kajian Wilayah, 6, 179–185.

Fajria, N. R. (2011). Pengaruh tayangan opera van java terhadap perubahan perilaku kekerasan di sma triguna utama ciputat. In Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fauzan, R., & Nashar, N. (2017). “Mempertahankan Tradisi, Melestarikan Budaya” (Kajian Historis dan Nilai Budaya Lokal Kesenian Terebang Gede di Kota Serang). Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 1. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2882

Hamzah, A. R. (n.d.). Agama Dan Tantangan Budaya Modern Perspektif Islam. 1(2). https://www.ptonline.com/articles/how-to- get-better-mfi-results

Hasbiansyah, O. (2008). Phenomenological Approaches: Introduction to Research Practices in Social and Communication Sciences [Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi]. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180.

Huda, A. N., Ummah, A. K., Salmah, N., Rismawati, R., & Raharja,

A. T. (2022). Perkembangan Gaya Hidup Remaja Terhadap Perilaku Imitasi di Kalangan Komunitas Japan Club East Borneo Kota Samarinda. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 7(3), 215–229. https://doi.org/10.21462/educasia.v7i3.130

Istiqomah, A. (2020). Ancaman Budaya Pop ( Pop Culture ) Terhadap. Identitas, Penguatan Masyarakat, Nasional, 2(1), 47–54. https://doi.org/10.21580/jpw.2020.2.1.3633

Kristinova, J. C. (2022). Tindakan Imitasi Gaya Hidup Pemengaruh Pada Generasi Milenial. Jurnal Analisa Sosiologi, 11(2), 350– 363. https://doi.org/10.20961/jas.v11i2.57261

Kurniawan, R. (2014). Imitasi Budaya Pada Tayangan Televisi Di Indonesia. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 11(2), 213– 228. https://doi.org/10.25105/dim.v11i2.110

Mairiza, N., & Nidiaangrainigmailcom, E. (2022). DAMPAK BUDAYA KOREA POP ( K-POP ) TERHADAP TINGKAT MOTIVASI I . PENDAHULUAN Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sanskerta yang berarti buddhayah , bentuk jamak dari buddhi ( budi / akal ) yang merupakan suatu hal yang berkaitan denagn budi dana kal. Jurnal Pendidikan,Bahasa,Sastra, Seni Dan Budaya., 2, 176–191.

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

Mu’ammar, M. N. (2017). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat Volume 13, Nomor 1, Juni 2017. Analisis Fenomenologi Terhadap Makna Realita, 13, 120–135.


Article Metrics

Abstract view : 72 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.