TAWURAN ANTAR KELOMPOK DI KECAMATAN UJUNG TANAH KOTA MAKASSAR (TELAAH KRITIS ANTROPOLOGI PERKOTAAN)

Dewi Fortuna(1*), Mubarak Dahlan(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pemicu terjadinya konflik tawuran di Kecamatan Ujung Tanah (2) Bentuk tawuran antar kelompok yang terjadi di Kecamatan Ujung Tanah (3) Dampak yang ditimbulkan terjadinya tawuran serta upaya masyarakat dan pemerintah setempat dalam menangani tawuran yang terjadi di Kecamatan Ujung Tanah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendataan data yang diperoleh melalui teknik perolehan data tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan analisis kualitatif untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pemicu terjadinya tawuran antar kelompok di Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi yakni adanya tindakan pemalakan, eksistensi kelompok dan kurangnya ruang ekspresi dan aktualisasi diri, (2) bentuk konflik tawuran antar kelompok yang terjadi di Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar yakni tawuran antar kelurahan, (3) Dampak yang ditimbulkan dari tawuran antar kelompok di Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar mengakibatkan banyak dampak terhadap warga setempat, seperti kerugian dari segi sarana dan prasarana, psikologis, ekonomi, sosial dan budaya bahkan fisik. Serta Upaya penyelesaian tawuran yang terjadi di Kecamatan Ujung Tanah yaitu dengan melakukan pendekatan restotatif dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pemerintah setempat dan aparat keamanan untuk melakukan pendekatan kepada warga yang selalu terlibat tawuran.

 

 


Keywords


Kata Kunci: Konflik, Tawuran, Antropologi Perkotaan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadin. (2013). Metode Penelitian Sosial. Makassar: Rayhan Intermedia.

Amin, M. A. S. (2017). Komunikasi Sebagai Penyebab Dan Solusi Konflik Sosial.

Jurnal Common, 1(2).

Aminah, S. (2015). Konflik dan kontestasi penataan ruang Kota Surabaya.

MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, 59–79.

Ayu, A. N., Restu, U., & Nesia, A. (2019). Penampilan Sebagai Komunikasi Nonverbal Perempuan dalam Dunia Pekerjaan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Agustinova. Danu Eko. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif; Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis.

Agam Rameli. 2015. Menulis Karya Ilmiah. Yogyakarta: Familia.

Azifah, A. (2019). Konflik dan Kekerasan (Studi Kasus; Tawuran antar Warga di Kelurahan Bunga Ejayya Beru dengan Kelurahan Barayya Kota Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Bauto, L. M. (2014). Perspektif Agama Dan Kebudayaan Dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 11–25.

Busro, Muhammad. 2017. Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta. Desky, A. F. (2022). Diktat Sosiologi Pedesaan Dan Perkotaan.

DEWABRATA, R. (2015). Pola Interaksi Sosial Anggota Marching Band Semen Indonesia (Studi Deskriptif Mengenai Bentuk dan Jenis Interaksi Sosial Antara Anggota Marching Band Semen Indonesia). UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Dr. Wahidmurni, M. P. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN

KUALITATIF. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(2), 1689–1699. Retrieved from https://www.oecd.org/dac/accountable-effective- institutions/Governance Notebook 2.6 Smoke.pdf

Fida, W. N. (2018). PERANAN HUMAS PEMERINTAH KOTA BAUBAU

DALAM MERESPON KONFLIK. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 19–25.

Fitria. (2013). Senarai Antropologi Perkotaan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 129.

Hartini, R., Husamah, H., Purwanti, E., Hudha, A. M., Adityo, A., Faizah, A. Z., … Abidasari, E. (2016). Pemahaman Lingkungan Secara Holistik. PSLK UMM dan UMM Press.


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.