STUDI DESKRIPTIF MENGENAI REPRESENTASI GAYA HIDUP PADA PENIKMAT MUSIK INDIE DI KECAMATAN TAMALANREA, KOTA MAKASSAR

Muhammad Fiqri Ali(1*), Nurlela .(2),

(1) Pendidikan Antropologi UNM
(2) Pendidikan Antropologi UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1) Apa saja faktor-faktor penikmat musik indie menyukai musik indie di kecamatan tamalanrea kota makassar.(2) Bagaimana musik indie dapat mempengaruhi aktivitas para penikamat musik indie .(3) Bagaimana opini para penikmat musik indie mengenai adanya musik indie . secara ksesluruhan intinya taitu bagaimana representasi atau gambaran gaya hidup pada penikmat musik indie di kecamatan tamalanrea kota makassar. untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara oleh beberapa informan di beberapa lokasi penelitian yang telah ditujukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : gambaran gaya hidup pada penikmat musik indie di kecamatan tamalanrea. Dan juga mengetahui opini beberapa informan mengenai musik indie dan pengaruhnya dalam gaya hidup sehari-hari. Gaya hidup penggemar musik indie, beberapa perilaku atau aktivitas khas penggemar dalam mengekspresikan kegemaran terhadap penggemar musik indie terwujud melalui tingginya intensitas mendengar musik dan menonton festival musik idola mereka, merchandise, berekspresi melalui komunitas penggemar musik indie yang ada di kota Makassar kecamatan Tamalnrea. berdasarkan faktor dan opini menyukai musik indie , para informan merasa pembedaan musik selain indie dan musik indie dapat berujung dan memicu ketegangan sosial. Menurutnya masyarakat umum sebaiknya punya kesempatan yang samauntuk tahu lebih tentang musik sebagai musik yang fokus kepadakualitasnya, bukan sekedar untuk dijadikan hiburan.

 

 


Keywords


Kata Kunci : Gaya hidup, Musik indie, Remaja

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assael, H. (2001). Consumer Behaviour and Marketing Action (6th ed). Thompson, NY. USA.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bungin, B. (2010). Metode Penelitian Kualtitatif. Jakarta: Prenadamedia.

Creswell, J.C. (2012). Education Research, Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed). Boston: Pearson.

Herdiansyah, H. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Hurlock, Elizabeth. B. (2010). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan. (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

John C.M., Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (edisi ke-5). Jakarta: Erlangga.

Kinanti, A. (2014). Minat Anak Muda Terhadap Tren Musik: Studi pada Penikmat Musik Indie (Broadcast and the Focus Group) vs Musik Mainstream). Makalah Nonseminar. Universitas Indonesia.

Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran, jilid I, (edisi ke-11), Jakarta: P.T Indeks Gramedia.

Kusuma, I. G. (2013). Musik Indie Bagi Kalangan Remaja Di Kota Denpasar: Studi Tentang Antropologi Kesenian. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Udayana, Denpasar.

Listyorini, S. (2012). Analisis Faktor-faktor Gaya Hidup Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Rumah Sehat Sederhana (Studi Pada Pelanggan Perumahaan Dinar Mas PT. Ajisaka di Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 12-24.

Marshal, A. (2014). Identitas Musik Dalam Indie Label Studi Kasus Band White Shoes and The Couples Company. (Skripsi tidak diterbitkan). Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Mitasari, D. (2016). Menonton Bangkutaman: Subkultur Musik Indie Yogyakarta. Jurnal Ilmu Humaniora, 4, 139.

Moleong. J. L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. (rev. ed). Bandung: Mughni, A. F. (2017, Oktober). Sering Disalah Artikan, Sebenarnya, Apasih Indie Itu. Zetizen. Diakses dari https://zetizen.jawapos.com/show/12074/sering- disalah-artikan-sebenarnya-apasih-indie-itu.

Nasution, S. (2003). Metode Research, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Prasetya, J. (2019, September). Anak Indie: Karib dengan Senja dan Kopi Sampai Promag dan Sarimi.Mojok.co. Diakses dari https://mojok.co/terminal/anak-indie-karib-dengan-senja-kopi-sampai- promag- sarimi/.

Putri, A A. I. (2019, Februari). Menelisik Tren Musik Indie di Indonesia. Ultimagz.com. Diakses dari http://ultimagz.com/lifestyle/menelisik-tren- musik- indie-di-indonesia/

Salam. A., (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Santrock, J.W. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup Jilid 2 (edisi ke-13). (Widyasinta, B. Trans.). Jakarta: Erlangga.

Schiffman, L., & Kanuk, L.L. (2008). Perilaku Konsumen (edisi ke-7). Jakarta: Indeks.

Silvya. (2009) Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal, 6, (1) 92-100.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 133 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.