AKITIVITAS MABAR GAME ONLINE SEBAGAI GEJALA PERILAKU REMAJA (STUDI DAMPAK SOSIAL-BUDAYA PADA KASUS TERAS CAFE DUSUN BONTO-BONTO, MAROS)

Gunawan Majid(1), Dimas Aryo Sumilih(2*),

(1) Pendidikan Antropologi UNM
(2) Pendidikan Antropologi UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana perilaku remaja yang dapat ditujukan melalui pola perilaku remaja dalam melakukan aktivitas mabar game online pada Teras Cafe Dusun Bonto-Bonto, (2) Bagaimana dampak sosial-budaya bagi remaja, dengan adanya aktivitas mabar game online pada Teras Cafe Dusun Bonto- Bonto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumen serta dokumentasi dengan melibatkan individu sebanyak 13 orang informan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Remaja yang melakukan aktivitas mabar game online di teras cafe dapat menunjukkan gejala perilaku yang mengarah pada ketergantungan, kecanduan, dan penurunan aktivitas sosial. Pola perilaku yang muncul dapat diamati melalui teori S-O-R dan stimulus yang ditimbulkan oleh game online dapat mempengaruhi respon dan perilaku remaja. (2) Dampak sosial-budaya dari aktivitas mabar game online di Teras Cafe dapat memiliki dampak positif seperti mempererat hubungan sosial antar remaja, namun juga dapat memiliki dampak negatif seperti mengganggu waktu belajar dan kesehatan fisik serta mental.

 

 


Keywords


Kata Kunci : Mabar Game Online, Remaja, Pola Perilaku

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Koentjaraningrat. 2000. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Lexy J. Meleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Nusyriwan E. Jusuf. 1989. Interaksi Sosial dalam Ensiklopedi Nasional Indonesia. Jilid 7. Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka.

Ranjabar Jacobus. 2016. Sistem Sosial Budaya Indonesia: Suatu Pengantar. Bandung: Alfabeta.

Setiadi, Elly M dan Usman Kolip. 2011. Pengantar Sosiologi. Jakatra: Kencana.

Spradley, James P.. 2006. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Supartono Widyosiswoyo. 2009. Ilmu Budaya Dasar. Bogor: Ghalia Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.