PENGUATAN EKONOMI KREATIF BERBASIS WARISAN BUDAYA TAK BENDA (MENUJU PRIDE SULAWESI SELATAN)

Andi Ima Kesuma(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak

Ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang potensial dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebuah daerah. Sulawesi Selatan memiliki kekayaan warisan budaya tak benda yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Sulawesi Selatan memiliki potensi ekonomi kreatif yang cukup besar, terutama dalam hal pengolahan makanan tradisional, kerajinan tangan, dan seni budaya. Selain itu, Sulawesi Selatan juga memiliki kekayaan budaya tak benda seperti tarian tradisional, musik, dan cerita rakyat yang dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata dan produk ekonomi kreatif. Dalam meningkatkan pengembangan ekonomi kreatif berbasis warisan budaya tak benda, diperlukan peran aktif pemerintah, pelaku ekonomi kreatif, serta masyarakat dalam melestarikan dan mempromosikan budaya lokal. Pengembangan ekonomi kreatif berbasis warisan budaya tak benda memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan. Diperlukan kerjasama antara pemerintah, pelaku ekonomi kreatif, serta masyarakat dalam memanfaatkan potensi ini secara optimal untuk mencapai kebanggaan dan kemakmuran bagi Sulawesi Selatan.

 


Keywords


Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, WBTB, Pride.

Full Text:

PDF

References


Daftar Rujukan

Amir & Syamsudin. (2017). Eksistensi Kain Tenun Lipa’ sabbe dalam Masyarakat Suku Bugis di Kota Sengkang Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Jurnal Suluh, Vol. 5, No. 2.

Atmarihardja, K. (1994). The Traditional Boats of Indonesia. Hongkong: Periplus Editions.

David L. Parry. (2011). The Pinisi of South Sulawesi. TTP: TP.

Hamzah, A & Burnet, I. (2017). Indonesia's Pinisi Schooners: The Traditional Maritime Heritage of the Archipelago. United Kingdom. Equinox Publishing.

Nurdin, dkk. (2018). Geoheritage of the Maros Karst of Sulawesi, Indonesia. Switzerland. Springer.

Pelras, Christian. (2005). Manusia Bugis. Jakarta: Nalar bekerja sama dengan Forum Jakarta Paris, EFEO.

Taufik, M. (2018). Geo Park Global Maros Pangkep: Warisan Dunia UNESCO di Indonesia. Makassar: Balai Pelestarian Cagar Budaya Makassar.

https://whc.unesco.org/en/list/1492

http://geoparkmarospangkep.id/


Article Metrics

Abstract view : 197 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.