SUGAR BABY DI KOTA MAKASSAR

Amelia Afriani .(1*), Mubarak Dahlan .(2),

(1) UNM
(2) UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Email:

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Mengapa perempuan di Kota Makassar memutuskan menjadi “sugar baby”, 2) Bagaimana pola interaksi dalam menjalin hubungan dengan “sugar daddy”, 3) Apa dampak menjadi “sugar baby”bagi kehidupan perempuan. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskiptif. Jumlah informan yang dipilih sebanyak 10 orang dari kalangan perempuan muda baik dari kalangan mahasiswa, SPG rokok, LC Karoeke, dan sales. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan Member Check Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya: 1) perempuan di kota makassar memutuskan menjadi sugar baby karena: a. Untuk memenuhi kebutuhan hidup b.untuk memenuhi hasrat seksual, c. Untuk memenuhi gaya hidup. 2) pola interaksi dalam menjalin hubungan sugar daddy adalah a.di awali dengan perkenalan melalui media sosial, b.membuat janji untuk bertemu (kopi darat), c. Perjanjian mengenai tarif, d.membooking hotel atau tempat untuk bertemu, e.melakukan hubungan seksual, jika merasa cocok maka sugar baby akan melanjutkan hubungan sebagai mana layaknya orang yang berpacaran. 3) dampak bagi perempuan menjadi sugar baby a.mendapatkan penghasilan atau uang yang bisa membiayai kebutuhan hidup dan gaya hidupnya, b.selalu merasa was-was karena takut ketahuan oleh keluarganya dan istri dari sugar daddy, c.hasrat seksual bisa terpenuhi.

 

 


Keywords


Kata kunci : Sugar Baby, sugar daddy, sex bebas.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anwar Haidir Hafri, Fajriani Martunis.2019 analisis faktor-faktor penyebabterjadinya pergaulan bebas pada remaja di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. jurusan bimbingan dan konseling, Universitas Syiah Kuala. Vol. 4 no.2.

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset Daly, Sarah.2017 Sugar babies dan sugar daddies: an exploration of sugar dating on Canadia campuses. Carleton University.

Doyle Paul Jochnson, Teori Sosiologi Klasik dan Modern.(Gramedia Pustaka:Jakarta,1994),214.

Hanurawan, Fattah. 2016. Metode penelitian kualitatif untuk ilmu psikologi. Raja Grafindo Persada.

Irmawaty, Lenny.2013. Perilaku seksual Pra-Nikah pada Mahasiswa. Tulisan dimuat dalam jurnal Kesehatan Masyarakat, Volume 9, Nomor 1.

Kristiani. 2019. Tinjauan teologis-sosiologi terhadap pergaulan bebas remaja. Jurnal teologi dan pendidikan. Sekolah tinggi teologi kadesi Yogyakarta.Vol.3 no.2 .

Koentjaraningrat. 1994. Metode-Metode Penelitian Masyarakat Edisi Ketiga.

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih,Risa. Remaja 19 tahun ini kencani Belasan “Sugar Baby”. Tulisan dimuat dalam Liputan6.com pada 26 November 2015.

Lianawati, Ester.Mei2020 Penyimpangan Seksual ,jenis penyebab dan penangannya.

Pusat Penelitian dan kajian Psikologis Feminis.

Moleong, Lexy J. 1991. Metodologi penelitian kualitatif. Penerbit Remaja Rosdakarya.

Masmuadi, M. Rachmawati, M.A. 2007. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja. Jurnal Psikologi. Vol.XII.h.94-113. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia.

Max Weber, The Theory of social and Economic Organization, edited by Talcot parsons and translated by A.M.Handerson anda Talcott Parsons (New York : Free Press,1964),88


Article Metrics

Abstract view : 520 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.