PERAN NUCLEAR FAMILY DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK DI CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Mutmainnah . ,(1*), Nurlela . ,(2), andi Octamaya Tenriawaru(3),

(1) Pendidikan Antropologi UNM
(2) Pendidikan Antropologi UNM
(3) Pendidikan Sosiologi UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana peran Nuclear Family (Keluarga Inti) dalam implementasi Pendidikan seksual Pada anak di Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar, bagaimana bentuk pendidikan seksual yang diberikan orangtua kepada anak, selain itu untuk mengetahui bagaimana bentuk penerimaan anak terhadap pendidikan seksual yang diberikan oleh orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dengan para orangtua dengan kriteria yang memiliki anak usia 12-20 tahun dan orangtua yang memilki pendidikan minimal sarjana, serta para anak yang ada di Kecamatan Campalagian. Dalam penelitian ini menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Bentuk peran Nuclear Family (keluarga Inti) dalam megimplementasikan pendidikan seksual adalah: a) memberikan pendidikan seks yang tepat bagi anak sesuai dengan usia anak. b) memberi teladan dan bimbingan lisan secara bersamaan, dimana orang tua menjelaskan kepada anak bahwa seks bukan hal yang tabu, kotor, ataupun dosa. c) evaluator dalam pendidikan seks, orang tua mampu menerima pertanyaan dan memberi jawaban yang tapat. d) pemantauan dalam pendidikan seks, orang tua mampu mengotrol informasi yang diterima anak dalam pedidikan seksual dari berbagai sumber yang kadang tidak tepat. e) menjadi model dalam melakukan aktivitas seksual yang sehat.

 

 


Keywords


Kata Kunci: Pendidikan sex, keluarga inti, kesadaran seksual

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amaliyah. 2017. Pola Pengasuhan Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seks kepada Anak di Desa Jambesari. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Anggraeni. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Beauvoir, S. d. 2016. Second sex: Dunia Perempuan. Yogyakarta: Pustaka Promethea.

Chaplin. 2011. Kamus Lengkap Psikologi. Bengkulu: Raja Grafindo Persada. Dewankoro. 2011. Dasyatnya Seni Seks Islami. Yogyakarta: Pinang Merah. Elia. 2000. Peran Ayah dalam Mendidik Anak. Teologi dan Pelayanan, 1, 1.

Falihah. 2018. Persepsi Orang Tua dalam Pendidikan Seks pada Anak d Desa Sittimulyo Piyungan Bantul. Kesehatan Madani Medika, 9, 2.

Hidayah. 2017. Konsep Islam tentang Pendidikan Seks bagi Anak dalam Keluarga. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Ihromi. 2004. Berbagai Kerangka Konseptual dalam Pengkajian Keluarga, Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Lubis. 2013. Psikologis Kesehatan Reproduksinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maimunah. 2017. Pemetaan Pengetahuan Orang Tua dan Penerapan Model Pendidikan Seks pada Remaja. Semarang: Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.

Minardo. 2021. Peningkatan Kualitas Remaja dalam Pencegahan Perilaku Seks Bebas dan Bahaya HIV/AIDS pada Siswa SLTA di SMA Muhammadiyah Sumowono. Pengabdian Kesehatan, 4, 1.

Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nyarko. 2014. Parental Attitude Towards Sex Education at the Lower Primry in Ghana. International Journal of Elementary Education, 3, 2.


Article Metrics

Abstract view : 189 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.