KOMUNITAS SEPEDA DI MASA PANDEMI (STUDI PADA KOMUNITAS PTM BIKE DI MAKASSAR)

Muhammar Qadavi Amin(1*), Firdaus w Suhaeb(2),

(1) Sosiologi UNM
(2) Sosiologi UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untu mengetahui fenomena sosial interaksi komunitas sepeds PTM Bike Makassar di masa pandemi menanggapi makna yang ada dalam simbol-simbol dalam masyarakat. Penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Data penelitian berwujud data primer yang dikumpulkan langsung pada objek. Adapun data yang berwujud data sekunder diperoleh dari keluarga anggota. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Komunitas PTM Bike Makassar. Pengampilan data menggunakan Teknik purposive sampling¸ dengan karakteristik informan anggota komunitas PTM Bike. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Interaksi yang dilakukan anggota komunitas didasari atas pola pikir dan refleksi diri terhadap pendapat orang lain dengan simbol yang ada dalam hubungan masyarakat. (2) Anggota komunitas dalam berinteraksi terdiri dari bentuk interaksi asosiatif dan disoasitif dalam kesehariannya. (3) Para anggota komunitas PTM Bike sebelum bergabung dipengaruhi atas alasan masing-masing yang dalam alasan tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

 



Keywords


Kata Kunci : Komunitas Sepeda, Covid-19, Interaksionalisme Simbolik, Interaksi Sosial.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al Anshori, Rosyid Fachrudin, and M A Kumaidi. 2017. “Komunitas Sepeda Gowes Menjadi Gaya Hidup Sehat (Pada Komunitas Sepeda Gowes Rumah Sakit Soeradji Tirtonegoro Klaten Atau Scck).” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anwar, Yesmil. 2013. “Sosiologi Untuk Universitas.” Bandung: Refika Aditama.

FAJARULLAH, FAJARULLAH. “Gaya Hidup Pada Komunitas Sepeda Twosixcycle Di Tanjungpinang.” Gaya Hidup Pada Komunitas Sepeda Twosixcycle Di Tanjungpinang.

Febriana, Cindi, Luna Febriani, and Iskandar Zulkarnain. 2021. “Analisis Fenomena Tren Bersepeda Di Masa Pandemi Pada NOOB Folding Bike Community Bangka.” Jurnal Studi Inovasi 1(3): 55–61.

Harahap, Siti Rahma. 2020. “Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19.” Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan 11(1): 45–53.

Hidup, Gaya, Komunitas Sepeda, and Ontel Studi. 2018. “SKRIPSI GAYA HIDUP KOMUNITAS SEPEDA ONTEL (Studi Pada Palembang Onthel Community Di Kota Palembang).”

Narwoko, J. “Dwi Dan Suyanto, Bagong. 2004.” Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan.

Rahardjo, Mudjia. 2018. “Interaksionisme Simbolik Dalam Penelitian Kualitatif.” Repository.Uin-Malang (March): 1–5. repository.uin-malang.ac.id.

Safe’i, Agus Ahmad. 2020. 1 Sosiologi Toleransi Kontestasi, Akomodasi, Harmoni. Deepublish.

Siantoro, Gigih, and others. 2021. “ANALISIS MOTIVASI MASYARAKAT BERSEPEDA DIMASA PANDEMI COVID-19.” Jurnal Prestasi Olahraga 4(4): 1–5.

Soekanto, Soerjono, and Budi Sulistyowati. 2013. “Sosiologi Suatu Pengantar (Edisi Revisi).” Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Valerisha, Anggia, and Marshell Adi Putra. 2020. “Pandemi Global Covid-19 Dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-Digital?” Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional: 131–37.

Siregar, Nina Siti Salmaniah. 2016. “Kajian Tentang Interaksionisme Simbolik.” Perspektif 1(2): 100–110. April, Vol No et al. 2021.

Fatoni, Muhad, Gatot Jariono, Subroto Subroto, and Chandra Triadi. 2021. “The Trend and Interest in Sports Cycling during the Covid-19 Pandemic.” Medikora 20(1): 84–92.

Alfirdaus, Yoggivani Alfatiyano Zhanssen, and Indra Himawan Susanto. 2021. “Aktivitas Olahraga Bersepeda Pada Saat Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Tuban.” Jurnal Kesehatan Olahraga 09: 81–90.


Article Metrics

Abstract view : 230 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.