SHOPAHOLIC DI KALANGAN MAHASISWA UNM ASAL SAMPAGA MAMUJU SULAWESI BARAT

Rani Damayanti ,(1*), st junaeda ,(2), Dimas Ario Sumilih(3),

(1) Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pemetaan terhadap kebutuhan primer, sekunder dan tersier di kalangan mahasiswa UNM asal Sampaga Mamuju Sulawesi Barat; (2) untuk mengetahui bagaimana pandangan mahasiswa UNM asal Sampaga Mamuju Sulawesi Barat bagi perilaku konsumtif jika ditinjau dari segi ekonomi; (3) untuk mengetahui nilai budaya pada perilaku konsumtif mahasiswa UNM asal Sampaga Mamuju Sulawesi Barat dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekataan deskriptif analistik. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan penelitian lapangan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan melibatkan beberapa informan yaitu mahasiswa yang  shopaholic dalam  perilaku konsumtif  yaitu tidak mampu mengontrol diri untuk tetap berbelanja (boros), dan bahkan sebagai penghilang stress pada saat terpenuhi hasratnya dalam berbelanja. Adapun dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa UNM asal Sampaga Mamuju Sulawesi Barat melakukan pemetaan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari mereka. Dengan cara, mereka membagi antara pengeluaran kebutuhan primer, sekunder dan tersier mereka, yaitu dengan melakukan pemetaan untuk kebutuhan pokok, kebutuhan pelengkap dan kebutuhan pendukung bagi keinginannya; (2) pandangan mahasiswa itu sendiri, di mana mereka beranggapan selama ini bahwa, hal yang mereka lakukan itu adalah hal yang lumrah yang dilakukan secara tidak sadar dan menjadikan sebagai aktivitas sehari-hari dalam hal shopping, untuk itu mereka mampu menaikkan eksistensi dibidang pergaulan antar teman, dalam pemenuhan kebutuhan lifestyle untuk bisa bersaing meskipun persoalan perut tidak terisi tetapi belanja tetap berjalan dan adanya hasrat untuk tetap berbelanja secara terus menerus: (3) pada pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari pada kalangan mahasiswa khususnya di kalangan mahasiswa UNM asal Sampaga Mamuju Sulawesi Barat, adanya nilai budaya getteng dan reso sama halnya dengan nilai mandiri yang sampai detik ini masih dipertahankan.

 



Keywords


Kata Kunci: Perilaku komsumtif, Shopaholic, lifestyle

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A, A. K. (1999). Remaja tentang Hedonisme: Kecil Bahagia, Mudah Foya-Foya, Tua Kaya Raya, Mati Masuk Surga. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Adlin, A. (2006). Resistensi Gaya Hidup: Teori dan Realitas. Yokyakarta & Bandung: Jalasutra.

Amrin, R. (2009). Shopping Saurus. Yokyakarta: DIVA Press.

B, A. S. (2001). Potret-Potret Gaya Hidup Metropolis. Jakarta: Kompas.

Chaney, D. (2003). Lifestyle: Sebuah Pengantar Komperhensif. Yogyakarta & Bandung: Jalasutra.

Douglas, M. 1970. Natural Symbols: Explorations in Cosmology. Barrie & Rockliff: London.

---------dan Isherwood. B. 1979. The World of Goods: Towards an Antropology of Consumption. Alien Lane: London.

Esti, I. (2012). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta: Ombak.

Esti, I. (2012). Modern, Posmodern, dan Poskolonial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fuhrman, B. (19990). Adolescence adolescents Illions Scott . Foresman/Little: Higher Education.

Featherstone Mike. 1991. Postmodernisme dan Budaya Konsumen. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Gunawan Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

H, A. C. (2016). Perilaku & Budaya Organisasi. Yogyakarta: Ombak.

H, B. S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif . Surakarta: Jurusan Seni Rupa UNS.

Hornby, A. (2000). Vanced Learner;s Dictionary of Current English. London: Oxford Universitas Press.

Howard, H. K. (1974). Basic Psyehologyn. Philipines: Benyamin/Cummings.

Ibrahim, Anwar. 2003. Sulesana, Kumpulan Esai Tentang Demokrasi dan Kearifan Lokal. Makasar: Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin (Lephas).

Keller, K. L., & Philip, d. K. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi I & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Koentjaraningrat. (1993). Metode-metode Penelitian Masyarakat (Edisi Ketiga) . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Koentjaraningrat. (n.d.). Metode-metode Penelitian Masyarakat (Edisi Ketiga.

Kutha Ratna Nyoman. 2010. Metode Penelitian (Kajian Ilmu Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Masmuadi, A. Rachmawati, A. M. 2007. Hubungan Antara Konsep Diri dengan kecendrungan Gaya Hidup Hedonis pada Remaja. Naskah Publikasi. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Nanang, M. (2018). Sosiologi Perebuhan Sosial: Perspektif Klasik. jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nugroho, D. H. (2001). Negara Pasar dan Keadilan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Oxford, A. (2006). Vanced Learner's Dictionary of Current English. London: Oxford Universitas Press.

Rahim, H. A. Rahman. 1992. Nilai-nilai Utama Kebudayaan Bugis. Ujung Pandang: Hasanuddin University Press.

Sihabudin, H. A. (2017). Komunikasi Antarbudaya Satu Perspektif Multidimensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Koentjaraningrat. (1990). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: UI-Press. Hlm: 5.

Teguh, T. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ujang, S. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indo.

Ugi Suharto. 2003. Paradigma Ekonomi Konvensional dalam Sosialisasi Ekononmi, Makalah. Jakarta: FEUL.

Warsito, H. R. (2012). Antropologi Budaya. Yokyakarta: Ombak.

Wattimena, R. A. (2006). Tentang Manusia (Dari Pikiran, Pemahaman, sampai dengan Perdamaian Dunia. Yokyakarta: Ombak.

Widyosiswoyo & Hariwijaya Soewandi. 1991. Ilmu Alamiah Dasar. Ghalia Indonesia:Jakarta Timur.

Zubaedi. (2013). Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kutha Ratna Nyoman. 2010. Metode Penelitian (Kajian Ilmu Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Gunawan Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 154 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.