PRAKTIK PELAKSANAAN DAKWAH ISLAM DI KOMUNITAS HIJRAH YUK NGAJI MAKASSAR

Rabiah Adawiyah ,(1*), Darman Manda ,(2), St. Junaeda ,(3),

(1) Program Studi Pendidikan Antropologi FISH-UNM
(2) Program Studi Pendidikan Antropologi FISH-UNM
(3) Program Studi Pendidikan Antropologi FISH-UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab: 1) Mendeskripsikan identitas dari komunitas hijrah Yuk Ngaji Makassar; 2)  Menelaah motif dan bentuk pelaksanaan aktivitas sosial dan dakwah Islam di komunitas hijrah Yuk Ngaji Makassar; 3) Mendeskripsikan dampak pelaksanaan aktivitas sosial dan dakwah Islam yang dilaksanakan di komunitas hijrah Yuk Ngaji Makassar. Penelitian yang dilakukan kali ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian/informan ialah anggota di komunitas hijrah Yuk Ngaji Makassar. Kemudian, dalam poses pengumpulan data dilakukan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Identitas komunitas hijrah Yuk Ngaji Makassar dapat dilihat dari atribut yang melekat pada komunitas tersebut yaitu: a) Nama komunitas; b) Logo; c) Slogan; d) Aksesoris/merchandise. Komunitas hijrah Yuk Ngaji Makassar juga memiliki sifat atau karakteristik khas yang menjadikannya berbeda dari komunitas hijrah lain. Hal ini terlihat melalui model belajar Islam dan aktivitas dakwah yang dilaksanakan di mana dakwah dan kajian Islam dikemas lebih fresh, santai dan asyik mengikuti kegemaran anak muda, lebih sering diadakan di ruang terbuka atau kafe-kafe daripada di masjid-masjid serta melalui dunia maya memanfaatkan fasilitas media sosial; 2) Berdasarkan teori tindakan sosial Max Weber, motif pelaksanaan aktivitas sosial dan dakwah Islam di Komunitas hijrah Yuk Ngaji Makassar dapat digolongkan ke dalam tipe tindakan afektif dan tindakan rasional berorientasi nilai. Adapun bentuk aktivitas sosial dan dakwah Islam yang dilaksanakan oleh komunitas hijrah Yuk Ngaji Makassar meliputi: a) kegiatan donasi; b) ngabuburead; c) kegiatan informal/santai; d) kajian pekanan; e) kajian bulanan; f) kajian tahunan; g) program KISI (Kelas Intensif Studi Islam), Nge-Slow dan Nge-fast; h) rihlah/perjalanan; dan i) Mabit (Malam Bina Iman dan Takwa); 3) Dampak aktivitas sosial dan kegiatan dakwah Islam komunitas hijrah Yuk Ngaji Makassar adalah: 1) besarnya kesadaran pemuda muslim Kota Makassar dalam mengkaji ilmu Islam dan melakukan perubahan sikap beragama; 2) terbentuknya hubungan yang cair dan tidak terkotak-kotakkan antar sesama pelaku hijrah di Kota Makassar; dan 3) terbangunnya kepedulian sosial sebagai salah satu nilai kebaikan dan kemanusiaan yang relevan dengan ajaran Islam.

 



Keywords


Kata Kunci: Komunitas hijrah Yuk Ngaji Makassar, dakwah, Islam, aktivitas sosial, motif, media sosial.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A.A. Ngr Anom Kumbara. (2008). Konstruksi Identitas Orang Sasak Di Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Humaniora, 20(3).

Addini, A. (2019). Fenomena Gerakan Hijrah di Kalangan Pemuda Muslim Sebagai Mode Sosial. Journal of Islamic Civilization, 1(2).

Afrilia, A. M. (2017). Penggunaan New Media Di Kalangan Ibu Muda Sebagai Media Parenting Masa Kini. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 1(1).

Alimuddin, N. (2007). Konsep Dakwah Dalam Islam. Jurnal Hunafa, 4(1).

Aliyudin, A. (2008). Hadis Amar Makruf Nahi Mungkar Dalam Perspektif Ormas - Ormas Islam Di Jawa Timur. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 4(11).

Anhusadar, L. ode. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Aziz, Moh. Ali. (2004). Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media.

Cahyandari, G. O. (2012). Jawa Di Yogyakarta Sebagai Wujud Kategori Pola. Jurnal Arsitektur Komposisi, 10(2).

Ciptono, A., & Yamit, Z. (2005). Pengaruh Motif Berprestasi, Motif Berafiliasi dan Motif Kekuasaan terhadap Kinerja Pekerja pada Kantor BRI Unit Cabang Sleman.Sinergi.

Fella Zulfa Zaein, Mohammad Afifulloh, D. W. E. (2020). PERAN KOMUNITAS HIJRAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER ISLAMI GENERASI MILLENIAL DI MALANG. Pendidikan Islam, 5(1)

Fitriansari, D. (2016). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Mithoni di Desa Brani Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap, dalam Skripsi.Tidak dipublikasikan. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Fuad, B. (2019). Fenomena Hijrah di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, dalam Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Fulamah, F. N. U. R. (2015). Konstruksi Identitas Kelompok Penggemar (Fandom) Fanfiction di Kalangan Remaja Urban, dalam Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Airlangga.

Handayani, R. (2015). Personal Branding Pustakawan Di Perpustakaan. Pustakaloka, Vol. 7(1).

Indrawan, J., & Ilmar, A. (2018). Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik. Medium, 8(1)

Ismail, A. Ilyas & Hotman Prio. (2011). Filsafat Dakwah: Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam. Jakarta: Kencana.

Kiantini, R. (2021). Kajian Literatur: Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Layanan Perpustakaan di Masa Pandemi. Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1).

Koentjaraningrat. (1994). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kumayi, S. (2018). Tindakan Sosial KH. Muhammad Bakhiet dalam Kontekstualisasi dan Transformasi Ajaran Tasawuf. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 4(2).

Kurmia, N. (2005). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 6(2).

Latuheru, R.D., & Muskita, M. (2020). Enkulturasi Budaya Pamana. Badati, 2(1).

Lestari, D. (2019). Pilkada DKI Jakarta 2017 : Dinamika Politik Identitas di Indonesia. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4).

Muflihah, L. (2020). Dakwah Muslim Milenial, dalam Tesis. Tidak dipublikasikan. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Muhlis, A., & Norkholis, N. (2016). Analisis Tindakan Sosial Max Weber dalam Tradisi Pembacaan Kitab Mukhtashar Al-Bukhari (Studi Living Hadis). Jurnal Living Hadis, 1(2).

Mulyono, N. K. (2007). Proses Pencarian Identitas Diri Pada Remaja Mualaf, dalam Skripsi. Tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Diponegoro.


Article Metrics

Abstract view : 382 times | PDF view : 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.