PELESTARIAN RIMPU (STUDI ANTROPOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP PENGGUNAAN RIMPU DI SMA NEGERI 1 WOHA KABUPATEN BIMA NUSA TENGGARA BARAT)

Khusnul Khatimah ,(1*), Dimas Ario Sumilih(2), St. Junaeda ,(3),

(1) Program Studi Pendidikan Antropologi FISH-UNM
(2) Program Studi Pendidikan Antropologi FISH-UNM
(3) Program Studi Pendidikan Antropologi FISH-UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pemahaman civitas akademik SMA Negeri 1 Woha terhadap rimpu sebagai salah satu identitas budaya orang Bima. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan penelitian lapangan melalui metode observasi, wawancara, dokumen dan dokumentasi, dengan melibatkan beberapa informan yaitu kepala sekolah SMA Negeri 1 Woha, guru SMA Negeri 1 Woha, OSIS SMA Negeri 1 Woha, siswa SMA Negeri 1 Woha, pemerintah daerah Kabupaten Bima dan budayawan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pemahaman civitas akademik SMA Negeri 1 Woha terhadap rimpu yakni mengakui rimpu merupakan jati diri orang Bima. Mereka mengartikan rimpu yakni cara pakai, menggunakannya dengan sarung yang dililitkan di kepala. Bima memiliki rimpu yang daerah lain tidak punya, maka dari itu mereka mengakui bahwa rimpu merupakan identitas. (2) Tantangan yang dihadapi untu melaksananakan kebijakan rimpu di SMA Negeri 1 Woha yakni penyalahgunaan sarung oleh siswa, Kurangnya kedisplinan dan ketegasan baik dari guru maupun siswa dalam menggunakan rimpu, Kurang maksimalnya edukasi tentang nilai serta makna yang terkandung dalam budaya rimpu serta perubahan jabatan kepala sekolah. (3) Peran penyelegara lembaga pendidikan dalam memberikan kontribusi bagi pelestarian rimpu yakni sebagai penggerak dan pengambil kebijakan dalam setiap keputusan yang akan dijalankan. Pemerintah mengambil alih dalam mengontrol aktivitas masyarakat melalui peraturan dan menghadirkan kegiatan yang mampu memberikan dampak positif.

 

Kata Kunci : Rimpu, Bima, sekolah, SMA Negeri 1 Woha, pendidikan, kebijakan, penggunaan, identitas dan pelestarian.


Keywords


Kata Kunci : Rimpu, Bima, sekolah, SMA Negeri 1 Woha, pendidikan, kebijakan, penggunaan, identitas dan pelestarian.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Astuti. 2019. Eksistensi budaya rimpu masyarakat suku mbojo di kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan Manadala Vol.4 No. 5

Juliansyah Noor. 2011. Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Koentjaraningrat. 1994. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Murwani Yulianti. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mranggen 02 Polokarto Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dalam Jurnal Pendidikan Konvergensi edisi 32 Vol. VII tahun 2020. ISSN 2301-9050.

Nurul, U. K., Resepsio Konsep Menutup Aurat Dalam Tradisi Pemakaian "Rimpu". Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir tahun 2017.

Rahmi. Makna Rimpu Sebagai Media Komunikasi Nonverbal bagi Perempuan Bima. Jurnal komunikasi dan kebudayaan Vol. III No. 1 tahun 2016

Rihlah Nur Aulia. Rimpu : Budaya dalam Dimensi Busana Bercadar Perempuan Bima. Jurnal Studi Al-Quran Vol. 2 tahun 2013. Universitas Negeri Jakarta.

Siti Lamusiah. Estetika Budaya Rimpu pada Masyarakat Bima: Kajian Religiutas. Jurnal Media Bina Ilmiah Vol. 7 No. 3 tahun 2013.

Sutardi Tedi. 2007. Antropologi: Mengungkap Keragaman Budaya. Bandung: PT Setia Purna Inves

Syamsu Yusuf L.N, Sugandhi Nani M. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali pers

Tilaar, H.A.R. 1999. Pendidikan, kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia,9 No. Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. Bandung: PT Remaja Rosad Karya bekerjasama dengan yayaysan Adikarya IKAPI dan Ford Foundation.


Article Metrics

Abstract view : 160 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.