PERANAN PERADAH GANESA SATYA BAKTI DALAM PEMBINAAN ETIKA DAN MORAL GENERASI MUDA HINDU DI DESA SUKADAMAI KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA

I Made Panggih(1*), Darman Manda ,(2), Dimas Ario Sumilih(3),

(1) Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1). Untuk mengetahui Peranan Peradah Ganesa Bhakti Dalam Pembinaan Etika dan Moral Pada Generasi Muda Hindu di Desa Sukadamai, Kecamatan Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan. 2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Peradah Ganesa Satya Bhakti Dalam Pembinaan Etika dan Moral Pada Generasi Muda Hindu di Desa Sukadamai, Kecamatan Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan .Adapunjumblah informan dalam penelitian sebanyak 11 orang. Jenis penelitian adalah kulitatif yang bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang mengambarkan situasi tertentu berdasarkan data yang di peroleh secara terperinci melalui observasi, wawancara dengan informan yang akan memberikan informasi tentang pradah dan dokumentasi untuk memperkuat wawancara yang di lakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peranan Peradah Ganesa Satya Bhakti dalam Pembinaan etika dan moral generasi muda hindu di desa sukadamai dengan melibatkan langsung remaja hindu dalam aktivitas-aktivitas atau kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh Peradah Ganesa Satya Bhakti. Adapun kegiatan-kegiatannya yaitu: kegiatan ngayah di pura, persembahyangan bersama, Dharma Wacana, Senidan Budaya, dan perlombaan-perlombaan seperti lomba Dharma Wacana, lomba Tari, Cerdas Cermat, dan Utsawa Dharma Gita. Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan etika dan moral remaja hindu di Desa Sukadamai yaitu dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor Internal (Dalam), dan faktor Eksternal (Luar). Upaya yang dilakukan dalam menanggulangi kendala Pembinaan etika dan moral remaja Hindu di Desa Sukadamai adalah : meningkatkan peranan orang tua dalam membina etika dan moral generasi muda Hindu, meningkatkan peranan tokoh agama dalam membina etika dan moral generasi muda Hindu, ikut pasukadukaan, kerjasama dan sharing.


 


Keywords


Kata Kunci: Peranan, Etika, Moral, Generasi Muda

Full Text:

XML PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Apriani, N. (2019). Analisis Struktur Naratif Dan Fungsi Geguritan Guru Bakti. Ilmu Sosial Dan Humaniora, 27-42.

Aryanatha, I. (2019). Tirtayatra ebagai Bentuk Wisata Religi Masyarakat Hindi di Bali. Ilmiah Agama Dan Budaya, 66-71.

Cahyanigrum E.S, Purwanto,N.A, & Sudaryanti. (2017). Pengembagan Nila-Nilai karakter Anak Usiaa Dini Melalu Pembiasaan Dan Keeteladanan. Pindidikan Anak, 203-213.

Dewantara, A. (2017). Filsafat Moral.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. 3.

Gobloh, I. N. (2011). Skehe Truna-Truni Asta Dharma Kerti Sebagai Media Interaksi Dan Internalisasi Nilai Agama Hindu Berbasis Organisasi Kepemudaan .

Had, S. (n.d.). metologi research. 136.

kartika, N. (2018). Menigkatkan Mutu Komonikasi PemudaYang Beretika Dan Dengan Semangat Ajaran. Penjaminan Mutu, 101-114.

Khomsiah,K., & Winata,S.. (2018). Dampak Kode Etik Pada Pengaruh Filosofi Etis Dan Intensitas Etis Terhdadap Pengambilan Keputusan Etis Akuntan Publik. Ekuitas. Ekonomi Dan Keuangan, 259-278.

Latifah, L. (2018). Internalisasi ilai-Nilai Etika . Doctor Dissertation.

Martini.E. (2018). Membangun Karakter generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan. Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 21-277.

Miles, M. d. (n.d.). analisis data kualitatif. metode metod, 17-18. Nurmalisa, Y. (2017). Pendidikan Genersi Muda.

Rusdi. (2013). FILSAFAT IDEALISMEFILSAFAT IDEALISME. Dinamika Ilmu, 13(2), 237-238.

Samsuri, Murdiono, M., & Marzuk. (2011). PEMBINAAN KARAKTER SISWA BERBASIS PENDIDIKAN AGAMA. KEPENDIDIKAN, 41(1), 45-53.

Sanjaya, A. (2017). pengertian pranan-pranan-defenisi.

Simanjuntak, B. I. (n.d.). Membina dan Mengembangkan GenerasiMuda. (Bandung: Tarsito,, 84.

Sudarsana, I., & Selasih, N. (2019). Pembelajaran Berbasis Pesraman Membangun Karakter Remaja. Press Book.

Sudarsana,I.K, & Dewi,N.K.K. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dalam Membentuk Karakter Siswa. Ilmu Pendidikan, 259-267.

Sugiyono. (2010). metode penelitian kuantiitatif kualitatif. 2.

Sukawati. (2007). Peranan Pendidikan Agama Hindu Dalam Pembinaan Mental Spiritual Bagi Generasi Muda Hindu .

Tampubolon, E. l. (2017). EFEKTIVITAS PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK Di LEMBAGA. Jom VISIP, 4(1), 1-14.

Tanyid, M. (2014). ETIKA DALAM PENDIDIKAN:. STAKN Toraja, 12(2), 236- 250.

Wahyuni. (2006). Peranan Peradah Indonesia Dalam upaya mengembaangkan Sikap keagamaan pada generasi muda hindu.

Yasnia, K. (2018). Peranan Peradah Dalam Pengambagan Nilai-Nilai Ajaran Agama Hindu Pada Pemuda Hindu. lmiah Pendidikan,Agama Dan Kebudayaan Hindu, 43-53.


Article Metrics

Abstract view : 160 times | XML view : 0 times PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.