PERAN PEMUDA DALAM MELESTARIKAN PERMAINAN TRADISIONAL DAN LAGU-LAGU SUKU MANDAR

Zulfa .(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apa yang melatari sehingga pemuda mengambil peran dalam pelestarian Permainan Tradisional dan Lagu-Lagu Suku Mandar, (2) Bagaiamana upaya pemuda dalam melestarikan dan mempertahankan Permainan Tradisional dan Lagu-Lagu Suku Mandar, (3) Bagaimana bentuk dukungan masyarakat dan pemerintah setempat terhadap upaya pemuda dalam melestarikan Permainan Tradisional dan Lagu-Lagu Suku Mandar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan melibatkan individu sebanyak 10 (Sepuluh) orang informan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Alasan pemuda mengambil peran dalam pelestarian permainan tradisional dan lagu-lagu suku mandar khususnya di Desa Katumbangan dikarenakan perkembangan teknologi, semakin berkembangnya teknologi maka pemuda di Desa Katumbangan berinisiatif untuk tetap melestarikan budaya suku mandar. (2) Upaya pemuda dalam melestarikan dan mempertahankan permainan tradisonal dan lagu-lagu mandar khususnya di Desa Katumbangan yaitu dengan memanfaatkan teknologi, pemuda memanfaatkan sosial media khususnya sosial media youtube dengan membuat konten-konten tentang permainan tradisional dan mengcover lagu-lagu mandar kemudian menguploadnya di youtube, pemuda lebih memfokuskan youtube karena lewat youtube mereka bisa mendapatkan penghasilan. (3) Bentuk dukungan masyarakat dan pemerintah setempat terhadap upaya pemuda dalam melestarikan dan mempertahankan permainan tradisonal dan lagu-lagu mandar khususnya di Desa Katumbangan yaitu masyarakat dan pemerintah ikut berkomentar positif di sosial media, masyarakat dan pemerintah ikut membagikan konten-konten yang pemuda upload di sosial medianya masing-masing, masyarakat dan pemerintah turut menghadiri langsung kegiatan yang pemuda laksanakan, masyarakat dan pemerintah memfasilitasi tempat kepada pemuda untuk melaksanakan kegiatan.

 

 

Keywords


Kata kunci: budaya, peran pemuda

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Yulisar B.N. 2014. Peran Pemerintah Daerah dalam Pelestarian Nilai- Nilai Lokal Masyarakat Adat Amma Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Universitas Hasanuddin, hal. 13.

Bayu Syah Putra. 2019. Peran Pemerintah Daerah dalam Pelestarian Nilai-Nilai Lokal Masyarakat Melayu Kota Tanjungpinang. Jurnal Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, hal. 12-13.

Edytiawarman. 2015. Peranan Lembaga Adat Suku Enam dalam Pelestarian Prosesi Perkawinan Adat Serawai di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma.Jurnal Ilmiah Kutai.

Heddy Shri Ahimsa-Putra. Paradigma,Epistimologi Dan metode Ilmu Sosial- Budaya. Makalah Dalam Pelatihan Metode Penilitian Oleh:CRCS-UGM. Yogyakarta. hal.4.

Juanda Hadi saputra dkk. 2014. Peranan Tokoh Adat dalam melestarikan adat Mego Pak Tulang Bawang. Jurnal Budaya Volume 3 Nomor 1.

Koentjaraningrat (Ed), 1975, Manusia dan Kebudayaan di Indoensia, Jakarta

Koentjaraningrat. 1987. Sejarah Teori Antropologi 1. UI Press. Jakarta. Koentjaraningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta.

Koentjaraningrat. 1993. Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Leliyana Andriani. 2014.Peran Duta Wisata dalam Mempromosikan Kebudayaan dan Pariwisata Di Kalimantan Timur. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 2 Nomor 4.

Muhamad Ngafifi. 2014. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Volume 2, Nomor 1. Hal. 34.

Pramudyasari Nur Bintari, Cecep Darmawan. Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol. 25, No. 1, Edisi Juni 2016. hal. 57.

Ramdani Wahyu, Ilmu Sosial Dasar (ISD), (Bandung : CV. Pustaka Setia, 2007), hal. 97.

Santhiana Surya, dkk. 2018. Sistem Pelayanan Informasi dan Kehumasan Pemerintah “Informasionalisme, Network Society dan Perkembangan Kapitalisme: Perspektif Manuel Castells”. FISIPOL Universitas Andalas. Hal. 8.

Simanjuntak, Posman, 1996, Berkenalan dengan Antropologi, Jakarta : Erlangga. Sitompul, A.A. 1993. Manusia dan Budaya. Jakarta : Gunung Mulia.

Soekanto, Soerjono, 1986, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta : Rajawali.

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Hal. 375-376.

Yuli Astuti. 1999. Aktualisasi Nilai Budaya Bangsa Di Kalangan Generasi Muda Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 1.


Article Metrics

Abstract view : 383 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.