PEMANFAATAN TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PELANGGAN GRABBIKE)

Andi Maulana Mappeati(1*),

(1) Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; dampak transportasi ojek online (GrabBike) terhadap pola kehidupan mahasiswa UNM, Faktor yang mendorong mahasiswa UNM memilih transportasi ojek online (GrabBike), Nilai yang berubah dengan kehadiran Driver GrabBike dan mahasiswa UNM sebagai pelanggan GrabBike. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Dampak transportasi ojek online GrabBike terhadap mahasiswa Universitas Negeri Makassar dalam fenomena social budaya antropologis sangat bermanfaat dengan pola kehidupan mahasiswa, karena cara pemesanan yang praktis mahasiswa dapat bepergian kemana saja kemudian pelayanan dari driver GrabBike yang cepat, aman, nyaman serta tarif yang terbilang murah sehingga dapat mengatur waktu dan keuangan menjadi lebih efektif dan efisien. 2) Minat para mahasiswa Universitas Negeri Makassar sehingga menggunakan jasa transportasi ojek online, peran para Driver GrabBike yang mempunyai Sikap ramah serta pembahasan menarik sehingga membuat pelanggan merasa nyaman saat berkendara. 3) Nilai-nilai yang berubah yaitu hilangnya nilai solidaritas para mahasiswa yang biasanya bersama-sama menunggu angkutan umum seperti pete-pete yang dapat meningkatkan ikatan emosional sesama mahasiswa. Sedangkan nilai positifnya yaitu mahasiswa dapat termotifasi untuk ikut berprofesi sebagai driver GrabBike untuk menambah pengalaman dan penghasilan mereka.

       


 


Keywords


Kata Kunci: Transportasi ojek online, GrabBike, Manfaat, Pelanggan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adisasmita, Rahardjo. 2010. Dasar-Dasar Ekonomi Transportasi, (Yogyakarta: Graha Ilmu.)

Adi, Isbandi Rukminto, 2013. Kesejahteraan Sosial Pekerjaan Sosial, Pengembangan Sosial, dan kajian Pembangunan). PT RajaGrafindo Persada.

F. Engel, James, et. al., Perilaku Konsumen, Binarupa Aksara, Jakarta, Jilid 1

Ida farida dkk (2016). Hasil penelitian ini mengungkapkan tentang Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan perusahaan.

J.S, Badudu. dan Sutan, Mohammad. 2012. Angkutan Umum dan Problematika

(Jakarta: PT. Integraphic)

L. J, Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya

Muhammad, Abdulkadir. 1998 Hukum Pengangkutan Niaga, Citra Aditya Bakti, Bandung.

Nugroho J. Setiadi,. 1994. Perilaku Konsumen, Kencana, Jakarta, 2010

Prasetijo, Ristiayanti dan J.O.I Ihalauw, John. 2005. Perilaku Konsumen, Andi, Yogyakarta

Salim, Abbas. 2000. Manajemen Transportasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

Dan R&D. Bandung: Alfabeta

UNM. 2015. Panduan Universitas Negeri Makassar 2015/2016. Makassar: Badan Penerbit UNM, hlm. 187-188

Vuchic, Vukan R. 1992. Urban Passenger Transportation Modes, dalam Public Transportation, Second Edition, eds. Gray, George E dan Hoel, Lester A, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenasamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 394 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.