FACEBOOK DAN PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DI DESA SINGA KECAMATAN HERLANG KABUPATEN BULUKUMBA

Alfionita Alfionita(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini ialah: (1) Untuk mengetahui fitur apa yang paling sering digunakan oleh ibu rumah tangga dalam menggunakan media sosial facebook di Desa Singa Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba; (2) Untuk mengetahui perilaku yang berubah sejak ibu rumah tangga di Desa Singa Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba menggunakan media sosial facebook; (3) Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari penggunaaan media sosial facebook dikalangan ibu rumah tangga di Desa Singa Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan 20 (Dua puluh) orang responden. Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa; (1) terdapat 3 (tiga) fitur yang menempati posisi terbanyak yang paling sering digunakan oleh responden Ibu rumah tangga di Desa Singa Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Fitur tersebut antara lain fitur unggah foto dan update status, siarang langsung, komentar dan like. Terdapat juga tiga fitur yang menempati posisi terbanyak yang jarang digunakan oleh responden Ibu Rumah Tangga di Desa Singa Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba antara lain fitur ganti profil, cari teman dan kirim pesan; (2) Perubahan perilaku responden pengguna facebook dikalangan ibu rumah tangga di Desa Singa Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba sesuai dengan hasil penelitian terdapat dua perubahan yakni dari sistem kekerabatan dan gaya hidup; (3) Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media social facebook oleh responden Ibu Rumah Tangga di Desa Singa Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba terdiri dari 2 dampak yakni dampak positif dan negative. Dampak positif diantaranya: Sebagai sarana informasi dan komunikasi, sebagai wadah mempererat silaturahmi dan tempat curhat. Dampak negative diantaranya: Urusan rumah tangga terbengkalai, Boros, penipuan dan perselisihan.



Keywords


Kata Kunci: facebook, Perilaku, Ibu rumah tangga

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alimuddin Batari, Riza S. Sadjad & Muh. Najib.2014. Sikap dan Perilaku Perempuan dalam ajang Gaul Melalui Media Sosial Facebook. Jurnal Komunikasi Kareba, Vol. 3 No.4

Asri Rahayu. 2013. Peran Ibu Rumah Tangga dalam meningkatkan Kesejahteraan Keluarga, (Skripsi) Fakultas Imu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, hlm. 37

Bungin Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi; Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Beni Ahmad Soebani. 2008. Metode Penelitian, Cetakan I. Bandung: Alfabeta Bimo Walgito. 2003. Psikologi Sosial Suatu Pengantar, Yogyakarta: Andi.

Cangara Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Gunawan Imam. 2014. Metode Penelitian Kuliatatif: Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara.

Herri Zan Pieter dan Namora Lumongga. 2010. Pengantar Psikologi Untuk Kebidanan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Hendriyono Tony. 2009. Facebook; Situs Sosial Networking yang Bernilai 15 Miliyar Dollar. Yogyakarta, PT.Benteng Pustaka.

Indraddin dan Irwan. 2016. Strategi dan Perubahan Sosial.Yogyakarta: Deepublish.

Jubilee Enterprise. 2016. Facebook Goes to School, Jakarta: PT.Elex Media Komputondo.

Khamim Zarkasyi Putro. 2005. Orangtua Sahabat dan Remaja. Yogyakarta: Cerdas Pustaka.

Koentjaraningrat. 1997. Metode-metode Penelitian Masyarakat. (Edisi Ketiga)

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Muhlis Alis dan Nurkholis. 2016. Analisis Tindakan Sosial Max Weber dalam Tradisi Pembacaan Kitab Mukhtashar Al-Bukhari. Jurnal Living Hadis, Vol.1 No.2

Malau Jens Cinta. 2017 Facebook dan Perubahan Perilaku Dikalangan Remaja (Studi Kasus di Desa Tigarunggu Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun), Jurnal FISIP, Vol.4 No.1

Munandar Utami. 1983. Emansipasi dan Peran Ganda Wanita Indonesia, Jakarta: Universitas Indonesia-UI Press.

Notoadmodjo Soekidjo. 2005. Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Nanang Matono. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial:Presfektif Klasik/Modern, Postmodern, dan Poskolonial. Jakarta: Rajawali

Rulli Nasrullah. 2017. Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohmat Haryadi. 2009. Demam BlackBerry, Jakarta: PT Mizan Publika

Rusman. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hidayah Rani, dkk. 2012. Perencanaan dan Pembangunan Sosial (Teori Perilaku Sosial), Jambi: Fakultas Pertanian.

Ratih Dwi Kusumaningtyas. 2010. Peran Meda Sosial Online (Facebook) Sebagai Saluran Self Disclosure Remaja Putri di Surabaya.

Rahardiansah Trubus. 2013. Perilaku Manusia dalam Presfektif Struktural, Sosial dan Kultural, Jakarta: Universitas Trisakti.

Sidik Purnomo dan Amir. 2009. Hitam Putih di Atas Facebook, Yogyakarta:Adana Media.

Soejono Soekanto. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar Ringkas. Jakarta: CV Rajawali

Suheri. 2017. Makna Interaksi dan Komunikasi. Universitas Negeri Sumatera Utara

Setiadi, Elly M, Kolip Usman. 2011. Pengantar Sosiologi, Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori Aplikasi dan Pemecahannya, Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group.

Pusat Bahasa Departemen Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Pawit M Yusuf. 2011. Ilmu Informasi, Komunikasi dan Kepustakaan, Jakarta:Bumi Aksara

Pudjiwati, Sayogyo. 1997. Peranan Wanita Dalam Perkembangan Masyarakat Desa, Jakarta: CV Rajawali.


Article Metrics

Abstract view : 312 times | PDF view : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.