Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Cerita Bergambar Pada Peserta Didik Kelompok B1 Di Tk Sorowako

Trimurti A.R.(1*), Azizah Amal(2), Ainun Marhamah(3),

(1) TK Sorowako
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita pada kelompok B di TK Sorowako. Keterampilan berbicara merupakan kecakapan atau kemampuan seseorang dalam menyampaikan ide, gagasan, pikiran dan perasaaan kepada orang lain menggunakan bahasa lisan dengan jelas, benar dan dapat difahami orang lain. Keterampilan bicara dapat diasah melalui berbagai metode, diantaranya adalah metode bercerita. Bercerita adalah salah satu keterampilan yang sangat imajinatif dan komunikatif. Oleh sebab itu, bercerita sangat penting digunakan dalam mengasah keterampilan berbicara. Metode penelitian adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) guna memecahkan masalah.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B yang dilaksanakan di TK Sorowako berjumlah 20 Anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 6 anak perempuan, yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Yang setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara kualitatif dan deskriptif. Pengumpulan data melalui lembar observasi dan wawancara, catatan harian dan hasil belajar anak. Hasil Penelitian kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita dengan media berita bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pada kemampuan anak dilihat pada pedoman observasi dari sebelum tindakan sampai siklus III yakni sebelum tindakan/pra silus mendapat hasil 40 %, siklus I sebesar 55 % , siklus II sebesar 70 %, dan siklus III sebesar 85 %.

Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa, Metode Bercakap-cakap


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.