Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Mengenal Urutan Gerakan Berwudhu Melalui Kegiatan Bernyanyi

Karmila Supardi(1*), Syamsuardi sy(2), Jenny Jenny(3),

(1) TK PGRI Nepo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya kemampuan anak dalam menghafal urutan gerakan berwudhu pada kelompok B di TK PGRI Nepo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan menghafal urutan kegiatan berwudhu anak usia dini. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK PGRI Nepo pada Semester Genap 2020/2021 yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Kemampuan menghafal urutan gerakan berwudhu anak setelah diberikan kegiatan bernyanyi mengalami peningkatan. Anak dapat menghafal dengan baik, anak juga dapat mengurutkan kegiatan berwudhu secara runtut.

Kata kunci : kemampuan kognitif, gerakan berwudhu, anak usia dini, kegiatan bernyanyi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.