Meningkatkan Kemampuan Kognitif Sains dalam Mencampur Warna Melalui Penerapan Metode Eksperimen Di Kelompok B TK Anglia

Ellis Wigi Sukartini(1*), Kartini Marzuki(2), Susilawati Susilawati(3),

(1) TK Anglia
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi pada aspek perkembangan kognitif melalui kegiatan
mencampur warna pada praktek sains pelangi , dan menempel warna yang berurutan masih belum berkembang secara maksimal sepertinya peserta didik masih mengalami kesulitan dalam proses mencampur warna. Pengenalan warna merupakan aktivitas yang mudah di buat dan menyenangkan, melalui berbagai media. Proses pengenalan warna merupakan salah satu strategi yang tepat di gunakan di taman kanak – kanak, sebab dengan aktivitas pengenalan warna ini yang di implementasikan melalui pemanfaatan dengan berbagai media diantaranya tisu,kertas lipat,. .Kegiatan ini dilakukan bersama- sama , akan meningkatkan interaksi dan komunikasi serta pendekatan antara peserta didik , guru, dan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif sains dalam kegiatan mencampur warna melalui penerapan metode eksperimen pada anak kelompok B di TK Anglia Bandung tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 13 orang anak pada. Data penelitian tentang kemampuan kognitif sains dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif sains dalam mencampur warna dengan metode eksperimen pada siklus I sebesar 40,85% yang berada pada kategori sangat rendah ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,07% tergolong pada kategori sangat tinggi. Terjadi peningkatan sebesar 40%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan dengan praktik langsung dalam percobaan praktek eksperimen mencampur warna pelangi dari tisue dan menyusun miniatur pelangi untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Anglia mencapai keberhasilan dalam belajarnya.

Kata kunci : Kegiatan Kognitif Sains mencampur warna Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.