Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Pencampuran Warna pada Kelompok A TK Kemala Bhayangkari Pitumpanua

Nurdiyanah Nurdiyanah(1*), Muhammad Yusri Bachtiar(2), Ita Rostia Ichsan(3),

(1) TK Kemala Bhayangkari Pitumpanua
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Aisyiyah Mamajang
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Pada Kelompok A TK Kemala Bhayangkari Pitumpanua. Masalah dalam penelitian adalah bagaimana kemampuan kognitif anak dapat meningkat melalui kegiatan pencampuran warna pada kelompok A TK Kemala Bhayangkari Pitumpanua? Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang menfokuskan pada kemampuan kognitif anak dan kegiatan pencampuran warna. Untuk subyek penelitian sebanyak 6 orang anak kelompok A (usia 4-5 tahun) dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan indicator aspek fisik-motorik, khususnya motoric halus di setiap perlakuan penelitian. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan pada kategori belum berkembang (BB) ke kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan pencampuran warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari Pitumpanua.

Kata kunci : Kemampuan kognitif, Pencampuran Warna, Kelompok A


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.