Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Melalui Media Pembelajaran Buku Pop Up Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 03

Asnaita Asnaita(1*), Bastiana Bastiana(2), Jenny Jenny(3),

(1) TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Berbicara soal bercerita pastilah ada hubungannya dengankemampuan berbahasa
yangmerupakan salah satu faktor untuk komunikasi, berbicara ada dua pengembangan, pengembangan dalam bentuk tulisan dan pengembangan dalam bentuk lisan, sedangkan bercerita termasuk dalam pengembangan lisan dimana untuk meningkatkan minat bercerita anak diperlukan media yang dapat mendukung. TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Blimbing kabupaten lamongan dipilih sebagai tempat penelitian dengan pertimbangan berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti, terlihat adanya permasalahan yang muncul dari anak dalam bercerita. Kegiatan ini dilakukan denganberbagai macam media karena pada dasarnya bercerita haruslah menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak serta dapat meningkatkan semangat dan minat anak dalam membaca. Dari hasil penelitian pra siklus, siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan dalam aspek bahasa khususnya dalam kegiatan bercerita. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak dalam meningkatkan daya ingat dan kemampuan berkomunikasi dengan baik dan lancar dengan sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan guru mampu menggunakan media-media yang menarik sebagai strategi guru dalam kegiatan bercerita agar menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Kata Kunci : Bercerita, Media pembelajaran, buku pop up.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.