Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif untuk Mengenal Identitas Diri melalui Media Balok dan Gambar Berseri Di TK Hip Hop Sukarame Bandar Lampung

Meliza Oktavia(1*), Wahira Wahira(2), Suriani Suriani(3),

(1) TK Hip Hop Sukarame
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) Universitas Negeri Makasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif untuk mengenal identitas diri melalui media balok di TK Hip Hop Sukarame Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) , yang menggunakan dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Hip Hop Sukarame Bandar Lampung dengan jumlah 20 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif untuk mengenal identitas diri melalui media balok. Data diperoleh melalui observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kognitif anak melalui kegiatan menyusun balok dengan benttuk orang yang proposional. Hal ini di tunjukkan dari hasil siklus I 39% dengan 13 anak yang mampu dan 7 anak yang belum mampu sedangkan di siklus II 65% dengan 18 anak yang mampu dan 2 anak yang belum mampu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan menyusun balok dengan benttuk orang yang proposional dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Kata kunci: Kognitif, media balok


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.