Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Kegitan Project Based Learning Sederhana di Kelompok B TK Harapan Itah

Srihandayati Srihandayati(1*), Parwoto Parwoto(2), Sitti Hafsah(3),

(1) TK Harapan Itah
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Teratai UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak melalui Kegiatan Project Based Learning Sederhana Di Kelompok B TK Harapan Itah. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kedisiplinan anak melalui Projct Based Learning sederhana di kelompok B TK Harapan Itah Desa Tewang Tampang. Pendekatan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan anak melalui kegiatan Project Based Learning ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan focus penelitian pada kedisiplinan anak dan kegiatan Project Based Learning sederhana. Subjek penelitian sebanyak tujuh orang anak didik yang telah diketahui melalui survey awal dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil penilaian pembelajaran untuk setiap aspek perkembangan anak. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian pada siklus 1 dengan kegiatan membuat terong goreng krispy dan siklus II dengan kegiatan membuat boneka sendok karakter menunjukkan kedisiplinan anak masih berada pada kategori mulai berkembang dan berkembang sesuai harapan dan pada siklus III dengan melakukan kegiatan eksperimen air pelangi, kedisiplinan anak menunjukkan peningkatan dengan kategori berkembang sesuai harapan bagi yang tadinya berada pada kategori mulai berkembang dan berkembang sangat baik bagi anak yang sebelumnya berada pada kategori berkembang sesuai harapan. Dengan demikian kegiatan Project Based Learning sederhana efektif digunakan dalam meningkatkan kedisiplinan anak di Kelompok B TK Harapan Itah.

Kata Kunci : Kedisiplinan, Projek Based Learning sederhana


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.