Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel dengan Berbagai Media pada Kelompok B di TKS Islam Widya Cendekia Kota Serang

Iyah Fitriah(1*), Kartini Marzuki(2), Ita Rostia Ichsan(3),

(1) TKS Islam Widya Cendekia Kota Serang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan menempel dan menggunting sangatlah penting bagi perkembangan anak. Kegiatan menggunting dan menempel merupakan suatu keterampilan yang berkaitan dengan fisik motorik anak yang berkembang pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara jelas tentang Meningkatkan kemampuan fisik motorik halus melalui kegiatan menggunting dan menempel dengan berbagai media pada anak kelompok B di Taman kanak-kanak islam widya cendekia kota serang. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kumulatif. Teknik dan alat pengumpulan data yang dijadikan instrumen penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi berupa foto. Kesimpulan pada Penelitian ini bahwa kegiatan menggunting dan menempel dengan pengunaan media yang berbeda dalam meningkatkan motorik halus pada anak kelompok B mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang semakin meningkat dalam setiap siklusnya. Pada proses pembelajaran sebelumnya adanya tindakan kelas, target yang dicapai kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting dan menempel dengan berbagai media pada siklus I hanya memperoleh bintang yang hanya nilai rata-rata kelas 50% dan pada siklus II perolehan bintang dengan nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 75%.

Kata kunci : Motorik Halus, Menggunting, Menempel, Media


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 145 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.