Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Puzzle Tangram Pada Kelompok Junior Al Fasihi Dayschool

Andi Irna Rifanti(1*), Syamsuardi Syamsuardi(2), Jenny Jenny(3),

(1) TK Al Fasihi Dayschool
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Yafqaeda
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan kognitif anak sebelum dan sesudah diberikan stimulasi melalui kegiatan bermain puzzle tangram. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental yang meliputi tahap perencanaan, aksi atau tindakan, observasi dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelompok Junior usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Al Fasihi Dayschool berjumlah 9 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik pada Siklus I masih sangat rendah dan terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus ke II. Jadi berdasarkan hasil penelitian tersebut, terlihat kemampuan kognitif anak melalui Media Tangram sudah meningkat.

Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Alat Permainan Edukatif, Puzzle Tangram


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 465 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.