Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Pada Kelompok B TK Madinah

Zami Maulidah(1*), Hajerah Hajerah(2), Isnawati Zainuddin(3),

(1) TK Madinah
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Setiap individu anak usia dini memiliki potensi untuk mengalami masalah. Salah satu masalah individu tersebut adalah perkembangan motorik halus. Perkembangan motorik halus ini berkaitan dengan pengembangan kemampuan dalam menggunakan jari untuk menggunakan berbagai kegiatan, seperti melakukan gerakan (motion), menempel, mencubit, memotong, melukis, dan lain-lain. Masalah perkembangan motorik halus ini ditemukan pada anak usia 5-6 tahun di TK Madinah.. Salah satu solusi dari mengatasi masalah pada perkembangan motorik halus adalah dengan mengadakan kegiatan kolase dengan media kapas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas kolase dengan media kapas pada perkembangan motorik halus anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Total sampel sejumlah 11 anak. Hasil dari penelitiannya adalah, sejumlah 9 anak memiliki perkembangan yang sangat baik dan 2 orang belum berkembang dengan baik. Penyebab anak yang belum berkembang dipengaruhi oleh perundungan secara verbal oleh anak lain, karena anak ini selalu ingin membantu orang lain menurut persepsinya, tetapi menurut persepsi anak lain hal ini dianggap mengganggu.

Kata Kunci : Motorik Halus, Kolase


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 302 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.