Peningkatan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Dengan Media Kantong Kanguru

Marlina Marlina(1*), Herman Herman(2), Andi Mardiana(3),

(1) TK AL-Huda
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan yaitu dalam hal mengutkan lambang bilangan, menghubungkan bilangan pada lambang bilangan serta meniru lambang bilangan. Media yang digunakan yaitu media kantong kanguru yang sebelumnya belum dipakai dalam kegiatan pembelajaran mengenalkan anak pada lambang bilangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakann kelas, instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar tes dan kinerja guru. Hasil pembelajaran dalam penigkatan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan dengan media kantong kanguru di TK Al-Huda Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Kuningan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus 1 yaitu 77%, siklus II yaitu 90% dan pada siklus ke III mencapai 96%. Dapat disimpulkan bahwa anak sudah mampu mengenal lambang bilangan dengan baik sesuai yang diharapkan.

Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Kantong Kanguru, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.