Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di TK KARTINI 02 melalui Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Puspaningtyas Dian Pramesti(1*), Andi Wahed(2), Susilawati Susilawati(3),

(1) TK Kartini 02 Karangjati
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Al Azhar 34 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Masalah yang diteliti berkaitan dengan latar belakang Pendidikan Anak Usia Dini, Persiapan PPG, Proses PPG serta pengaruh PPG dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAUD yang berlangsung dalam jangka waktu empat bulan. Hasil Penelitian ini adalah peningkatan kompetensi peserta Pendidikan Profesi Guru secara profesional. Meningkatnya wawasan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatnya kompetensi dalam mempersiapkan segala aspek yang berhubungan dengan proses belajar mengajar seperti menyiapkan rencana pembelajaran, media pembelajaran, bahan pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Sedangkan secara personal meningkatnya rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai guru untuk mendidik dan membimbing peserta didik. Pelaksanaan program pendidikan profesi guru akan menghasilkan guru-guru taman kanak - kanak yang mempunyai kompetensi personal yang baik sehingga menjadi contoh bagi peserta didik serta mempunyai kompetensi profesional yang membanggakan.

Kata Kunci: Pendidikan, Profesi Guru, Kompetensi Profesional


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.