Meningkatkan Kreatifitas Melalui Kegiatan Berkreasi dengan Playdough Pada Peserta Didik Kelompok B TK Al Umariyyah Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban Tahun 2021

Siti Nurlaila(1*), Andi Wahed(2), Susilawati Susilawati(3),

(1) TK Al Umariyyah
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Islam Al Azhar 34 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas anak melalui berkreasi dengan playdough. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK Al Umariyyah Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban dengan jumlah anak 7. Kreatifitas anak dalam penelitian ini adalah kreatifitas anak dalam berkreasi dengan playdough. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dan dalam masing-masing siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreatifitas anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan berkreasi dengan playdough dapat menarik minat anak. Hal itu dapat dibuktikan bahwa pada setiap siklus hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Berdasarkan pelaksanaan hasil perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa kegiatan berkreasi dengan playdough dapat meningkatkan kreatifitas anak pada kelompok B TK Al Umariyyah Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban.

Kata kunci: Kemampuan kreatifitas, berkreasi, playdough


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.