Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Pantiyogo Desa Sambirembe Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan Tahun Pembelajaran 2021/2022

Choiratun Halimatus Sa’diyah(1*), Muhammad Akil Musi(2), Rahmatiah Rahmatiah(3),

(1) TK Pantiyogo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Agung Aras Telkomas
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegitan belajar mengajar di TK Pantiyogo dikemas dalam bentuk bermain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuai Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Pantiyogo Desa Sambirembe Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari simpulan temuan yang ada di lapangan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat mengembangkan kognitif anak usia dini di TK Pantiyogo, dapat dilihat dari cerminan perilaku anak yang mencerminkan sikap ingin tahu dengan percobaan yang dilakukan untuk pembuktian, sikap kreatif, mengetahui cara menyelesaikan masalah sehari-hari, menyelesaikan masalah, mengenal benda-benda di sekitarnya, menyampaikan tentang apa dan bagimana benda-benda di sekitar, mengenal lingkungan sosial, menyajikan berbagai karya dalam bentuk gambaran, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh, mengenal lingkungan alam, menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam dalam bentuk gambaran, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh. Serta memfasilitasi dan mengembangkan sikap ingin tahu, tekun, terbuka kritis, mawas diri bertanggungjawab, dan bekerja sama, dan mandiri dalam kehidupanya.

Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Perkembangan Kognitif, Usia dini


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.