Peningkatan Kemampuan Mewarnai Gambar Dengan Media Krayon Pada Kelompok B Di Tk Idhata 2 Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek

Bekti Wahyuni(1*), Syamsuddin Syamsuddin(2), Andryani Akib(3),

(1) TK Idhata 2 Pule
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Aisyiyah Mamajang Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Salah satu pengembangan fisik motorik halus adalah dengan mewarnai gambar. Dengan mewarnai gambar melatih keterampilan motorik sekaligus kemampuan kognitif. Krayon digunakan sebagai media yang cocok untuk digunakan mewarnai pada usia TK. Ada beberapa hal penting dalam mempelajari keterampilan motorik, diantaranya adalah: Kesiapan belajar, Kesempatan belajar, Kesempatan berpraktik, Model yang baik, Bimbingan, Motivasi. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan fisik motorik halus melalui kegiatan mewarnai gambar pada kelompok B di TK Idhata 2 Pule yang terdiri dari 15 siswa. Hasil penelitian : analisis data adanya peningkatan dari RKH 1 siklus pertama 70% sampai RKH 5 siklus kedua dari menjadi 77%.

Kata Kunci: Mewarnai, Gambar, Krayon


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 25 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.