Upaya Meningkatkan Berhitung Anak dalam Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Permainan Jaritmatika pada Anak Kelompok B di TK PGRI 5 Dawuhan

Dewi Puspasari(1*), Kartini Marzuki(2), Ita Rostia Ichsan(3),

(1) TK PGRI 5 Dawuhan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Aisyiyah Mamajang
(*) Corresponding Author



Abstract


Upaya peningkatan kemampuan berhitung anak pada penjumlahan dan pengurangan melalui permainan Jarimatika pada anak kelompok B semester II tahun pelajaran 2019/2020” di PGRI 5 Dawuhan kec Tenggarang Bondowoso. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B di TK PGRI 5 DAWUHAN Kec Tenggarang Bondowoso.Dilakukan Penelitian ini karena kemampuan berhitung anak kelompok B masih kurang, hal ini dikarenakan mereka mengacu pada LKS dan tidak menggunakan media, sehingga pembelajaran berkesan monoton. Oleh karena itu peneliti menggunakan cara yang inovatif yaitu melalui permainan jaritmatika.Fokus penelitian ini adalah bagaimana penambahan dan pengurangan kemampuan berhitung anak melalui permainan jaritmatika kelompok B di TK PGRI 5 Dawuhan menurut Kemmis-Modelo dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari Pra-Siklus, Siklus I dan Siklus II. masing-masing siklus dilakukan 4 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasi dan evaluasi), dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif deskriptif persentase.

Kata kunci: permainan jaritmatika


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.