MeningkatkanKemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 denganMedia Kartu Angka KelompokA TK Mekar Sari

Alfiah Wulandari(1*), Andi Wahed(2), Susilawati Susilawati(3),

(1) TK Mekar Sari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Islam Al Azhar 34 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengenal simbol bilangan khususnya pada siswa kelas A TK Mekar Sari, Desa, Gunung Tumpeng, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah sehingga diperlukan penggunaan media untuk mengembangkan pengetahuan siswa dalam mengenal konsep bilangan yaitu media kartu angka. Penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan pengetahuan siswa tentang angka melalui permainan dengan media kartu angka di TK Mekar Sari, Desa Gunung Tumpeng Kecamatan Suruh, Kabupaten Ssemarang, Jawa Tengah. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas A yang terdiri dari 20 orang siswa. Untuk pengumpulan data penulis menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu angka sangat efektif dalam mengembangkan pengetahuan anak dalam mengenal angka pada anak kelas A TK Mekar Sari, Desa Gunung Tumpeng, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Saran dari peneliti yaitu sebaiknya pendidik menggunakan media yang menarik dalam pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan anak dalam mengenal bilangan atau angka.

Kata Kunci: media, lambang bilangan, pegetahuan, kartu angka


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.