Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Meja Kantong Bilangan Pada Kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Arrina

Krisna Wiji Astuti(1*), Andi Wahed(2), Susilawati Susilawati(3),

(1) TK Arrina
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Al Azhar 34
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan kognitif melalui permainan meja kantong bilangan pada kelompok A Taman kanak-kanak ARRINA Pare Sidorejo Godean Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian dan pengumpulan data menggunakan tehnik observasi atau pengamatan. Penelitian di laksanakan di TK ARRINA Pare Sidorejo Godean Sleman Yogyakarta dengan subjek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 24 anak yang terdiri dari 10 perempuan dan 12 laki-laki. Penelitian ini di lakukan dalam tiga siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III, setiap siklus terdiri dari satu RPPH di lakukan selama 13 hari. Hasil pencapaian peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan meja kantong bilangan pada siklus III mengalami peningkatan dan mencapai hasil yang memuaskan yaitu anak berkembang sesuai harapan dengan tingkat pencapaian perkembangan mencapai 88% dari keseluruhan anak. Dari penelitian tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa permainan meja kantong bilangan dapat di terapkan untuk meningkatkan kognitif anak. Peneliti memberikan saran agar guru dapat menerapkan permainan meja kantong bilangan yang lebih variasi dan menyenangkan bagi anak agar anak lebih tertarik dan bersemangat mengikuti kegiatan guna mencapai perkembangan pada bidang kognitif, khususnya mengenal bilangan 1-10.

Kata Kunci : Kognitif, mengenal angka 1-10, permainan meja kantong bilangan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.