Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Menggunakan Media Bahan Alam

Yosi Asnia(1*), Nurhikmah H.(2), Faliha Mahnur(3),

(1) TK PGRI 1 Bayongbong
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya kemampuan kognitif anak pada kelompok A TK PGRI Bayongbong. Ditemukan permasalahannya yaitu sebagian anak belum mampu mencapai indikator kemampuan kognitif, dan masih ada beberapa anak yang sulit menyebutkan angka secara berurutan, hal ini disebabkan karena metode yang digunakan guru tidak menarik seperti media yang digunakan masih menggunakan jari tangan untuk berhitung. Dalam kegiatan penelitian ini terdapat beberapa rumusan masalah yakni: (a) Bagaimanakah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan media bahan alam di kelompok A di TK PGRI 1 Bayongbong? (b) Apakah kegiatan bermain menggunakan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok A di Tk PGRI 1 Bayongbong? (c) Bagaimana implementasi penggunaan metode berhitung menggunakan media bahan alam di kelompok A TK PGRI 1 Bayongbong?. Tujuan secara umum penelitian ini adalah (1). mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak (2) mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan untuk kemampuan berhitung anak menggunakan media bahan alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A sebanyak 14 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi. Kemampuan anak setelah diberikan kegiatan menghitung menggunakan bahan alam dengan baik dan dapat menyebutkan angka. Rekomendasi bagi guru dan peneliti selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan menghitung menggunakan bahan alam dan media yang lebih menantang dan menarik.

Kata Kunci: Berhitung, bahan alam


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 298 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.