Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pengenalan Warna Menggunakan Media Miniatur Menara Air Warna–Warni TK Kemala Bhayangkari 19 Gending

Deni Yosi Asmara(1*), Parwoto Parwoto(2), Sitti Hafsah(3),

(1) TK Kemala Bhayangkari 19 Gending
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) Universitas Negeri Makasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis upaya meningkatkan keterampilan kognitif anak TK melalui aktivitas Pengenalan warna memanfaatkan media” Miniatur menara Air warna-warni“di TK Kemala Bhayangkari 19 Gending, Probolinggo, Jawa Timur. Proses yang digunakan ialah dengan teknik Eksperimen, demonstrasi, tanya jawab, observasi, serta pengamatan secara langsung dalam mengenal warna dan gradasinya. Bersumber pada hasil riset yang diperoleh, anak sanggup menampilkan kenaikan kognitif. Pada saat sebelum tindakan, keterampilan kognitif anak yang belum maksimal mencapai 75% sebaliknya sehabis pendidikan memakai Media perlengkapan peraga miniatur menara air warna-warni nampak kenaikan yang signifikan. Setelah perlakuan kemampuan meningkat 95% bisa menciptakan, menampilkan, serta mengatakan bermacam macam warna.

Kata Kunci : Keterampilan mengetahui, menciptakan, menunjukan, menyebutkan, warna.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.