Kemampuan Kognitif Anak Melalui Pembelajaran Sains Pemula dengan Metode Proyek Kelompok B TK Negeri Pertiwi Letta

Fatima Fatima(1*), Rusmayadi Rusmayadi(2), Ainun Marhamah(3),

(1) TK Negeri Pertiwi Letta
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif melalui pembelajaran sains pemula dengan metode proyek pada anak usia 5-6 tahun Taman Kanak-Kanak ‘Negeri Pertiwi Letta,Kecamatan Bantaeng,kabupaten Bantaeng . Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini bersifat deskriptif. Terdapat peningkatan perkembangan kognitif pada indikator mengenal perbedaan berdasarkan warna, bentuk, ukuran di kondisi awal 0%, meningkat menjadi 7,69% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 92,31%. Menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam kegiatan yang baru di kondisi awal 0%, meningkat menjadi 65,38% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 92,31% dan menunjukkan aktifitas yang bersifat menyelidik di kondisi awal 0%, meningkat 15,39% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 88,46%. Dengan demikian perkembangan kognitif anak pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dan dikategorikan Tinggi.

Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Pembelajaran Sains, Metode Proyek


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.