Pengetahuan Pendidik TK Pembina Porsea Tentang Perkembangan Anak Serta Implementasi Dalam Pembelajaran

Susiyanti Rosnelli Sinambela(1*), Hajerah Hajerah(2), Isnawati Zainuddin(3),

(1) TK Pembina Porsea
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan pendidik PAUD di TK. Pembina Porsea tentang tahap perkembangan anak usia dini dan untuk mengetahui apakah aktivitas kegiatan di kelas TK. Pembina Porsea sesuai dengan prinsip dan tahap-tahap perkembangan anak. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara dan focus group disscusion. Hasil penelitian Pengetahuan pendidik PAUD di TK. Pembina Porsea tentang tahap perkembangan anak usia dini tergolong baik. Guru PAUD di TK. Pembina Porsea memiliki tingkat pengetahuan terbaik berada pada rentang lama kerja diatas 10 tahun. Aktivitas kegiatan di kelas TK. Pembina Porsea sesuai dengan prinsip dan tahap-tahap perkembangan anak. Pengetahuan Pendidik PAUD terhadap prinsip-prinsip diperoleh secara akademis mengingat para guru PAUD TK. Pembina Porsea berlatar belakang pendidikan S1 PAUD. Namun faktor otodidak berdasarkan pengalaman mengajar selama kurun waktu lebih dari 10 tahun di lapangan juga sangat berperan. Pengetahuan terkait tentang prinsip-prinsip dalam tahap perkembangan anak yang di ketahui para pendidik PAUD dapat menstimulasi anak dengan benar.

Kata kunci: Pengetahuan Pendidik, Perkembangan Anak, Implementasi Dalam Pembelajaran


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.