Upaya Menumbuhkan Karakter Kemandirian Pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK Mahmuda Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis

Erlina Erlina(1*), Kartini Marzuki(2), Ita Rostia Ichsan(3),

(1) TK Mahmuda
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pendidikan karakter sebagai salah satu alternatif yang dianggap mampu mengatasi atau paling tidak mengurangi masalah-masalah yang terjadi karena adanya krisis karakter di Indonesia. Pendidikan karakter merupakan sebuah proses pembiasaan, yaitu pembiasaan untuk berbuat baik; pembiasaan untuk berkata jujur; permbiasaan untuk malu berbuat curang; pembiasaan untuk malu bersikap malas dan sebagainya. Penumbuhan karakter kemandirian pada anak usia dini di PAUD TK Mahmuda Tasik Serai Barat dilakukan dengan metode bercerita dan pembiasaan. Kemandirian yang ditumbuhkan meliputi: kemandirian makan dan minum sendiri, kemandirian memakai pakaian dan sepatu sendiri, kemandirian merawat dirinya sendiri, kemandirian menggunakan toilet, kemandirian memilih kegiatan yang disukai, kemandirian tidak mau ditunggui saat di sekolah dan kemandirian untuk membereskan mainan sendiri setelah selesai bermain. Faktor yang mendukung dalam penumbuhan karakter kemandirian pada anak usia dini di PAUD TK Mahmuda antara lain terdapat berbagai fasilitas yang memadai, adanya guru yang berkompeten dan adanya kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak sekolah, guru dan orang tua. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah masih adanya anak yang kurang memperhatikan guru bercerita dan masih adanya orang tua yang memanjakan anak di rumah, sehingga terjadi pola penumbuhan karakter yang tidak sama ketika anak berada di lingkungan sekolah dengan anak berada di lingkungan rumah.

Kata Kunci : Pendidikan karakter, Kemandirian, Penumbuhan karakter.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.