Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola AB-AB Melalui Media Kertas Origami Anak Usia 4- 5 Tahun

Eka Trisna Handayani(1*), Muhammad Akil Musi(2), Inneke Alriani(3),

(1) TK Negeri 1 Longkali
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal pola AB-AB melalui media kertas origami pada kelompok A TK Negeri 1 Longkali. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek Penelitian adalah kelompok A yang berjumlah 5 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 Siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan siklus I adalah 54% termasuk keberhasilan cukup atau mulai berkembang (MB) Siklus II adalah 70% termasuk kriteria keberhasilan baik (BSH) dan pada siklus III adalah 89% kriteria keberhasilan sangat baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, dpat disimpulkan bahwa penggunaan media kertas origami dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola pada usia 4-5 tahun TK Negeri 1 Longkali.

Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan, Pola AB-AB, Media, Kertas Origami


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.