Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bentuk dan Ukuran Pada Kelompok A Melalui Media Papan Geometri

Khoirun Nisa’(1*), Kartini Marzuki(2), Ita Rostia Ichsan(3),

(1) TK Dharma Wanita Persatuan DesaTarik
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Dari pengamatan di lapangan yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa secara umum pemahaman konseb bentuk dan ukuran anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Tarik masih rendah. Dalam penelitian ini dilakukan pemecahan masalah tersebut dengan strategi media papan geometri. Berdasarkan paparan tersebut, tujuan penelitian yang akan dicapai adalah mengetahui aktifitas siswa kelompok A selama pembelajaran dengan menggunakan papan geometri dan mendiskripsikan pemahaman konsep bentuk dan ukuran anak melalui papan geometri. Untuk pengumpulan data digunakan teknik lembar pengamatan siswa, lembar pangamatan media dan penilaian kemampuan bidang pengembangan meningkatkan pemahaman konsep bentuk dan ukuran yang diperoleh dari kegiatan yang dilakukan selama dalam proses pembelajaran, analisa data dilakukan secara diskriptif baik secara kuantitatif maupun kualitatif berdasarkan analisa data ini menunjukkan perolehan bahwa pada siklus I sebesar 68,5% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas penggunaan papan geometri dapat meningkatkan pemahaman konsep bentuk dan ukuran pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Desa Tarik, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Kata kunci: Pemahaman Konsep, Bentuk dan Ukuran, Papan Geometri, usia 4-5 tahun


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.