Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membentuk Gambar Dengan Berbagai Media Pada Kelompok B Di TK Bina Mutiara

Tina Sukawati(1*), Hajerah Hajerah(2), Isnawati Zainuddin(3),

(1) TK Bina Mutiara
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Perkembangan motorik halus merupakan salah satu aspek penting bagi perkembangan anak. Perkembangan motorik halus merupakan kegiatan yang menggunakan otot-otot halus pada jari dan tangan, meningkatnya penggorganasian gerak tubuh yang melibatkan kelompok otot dan saraf kecil lainnya. Perkembangan motorik halus anak dipengaruhi oleh pembiasaan, rangsangan, makanan, atau minuman dan kognitif. Oleh karena itu, untuk mengembangkan motorik halus pada anak usia dini, sebagai pendidik harus memanfaatkan strategi pembelajaran sebagai cara atau langkah untuk membantu mengembangkan motorik halus anak. Memanfaatkan berbagai media pembelajaran bagi anak-anak memiliki fungsi edukatif dan kreatif yang berati dapat memberikan pengaruh positif dalam pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Bina Mutiara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan jenis penelitian kualitatif diskriptif. Subjek penelitian adalah 15 peserta didik kelompok B, sedangkan objek penelitian adalah perkembangan motorik halus anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui media bahan bekas tutup botol dapat meningkatkan motorik halus anak di TK Bina Mutiara dengan hasil yang baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya perkembangan motorik halus peserta didik yang mana pada pra siklus sampai siklus III mencapai perkembangan sangat baik dengan 93,33% peserta didik yang telah mencapai standar penilaian yang telah ditetapkan.

Kata Kunci : Berbagai Media, Motorik Halus


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 152 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.