Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah Muntilan
(1) SMP Muhammadiyah Muntilan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 15 Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Peserta didik SMP Muhammadiyah Muntilan kurang aktif mengikuti pembelajaran IPA, kurang memanfaatkan kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Keaktifan mengemukakan pendapat masih rendah. Respon peserta didik yang rendah menunjukkan keaktifan peserta didik dalam belajar IPA masih rendah.. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar pada materi Enenrgi dalam kehidupan sehari – hari. Hasil penelitian di temukan aktivitas pra siklus, siklus 1, dan 2, mengalami peningkatan. Keaktifan belajar pra siklus : 55%, siklus 1: 70% dan siklus 2: 83%. Ketercapaian KKM hasil belajar pra siklus 33%, siklus 1 60% dan siklus 2 90%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA siswa kelas VII A di SMP Muhammadiyah Muntilan.
Kata Kunci: Problem Based Learning, keaktifan belajar, materi energi, hasil belajar,
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 38 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.