Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Menggunakan Bahan Alam Di TK Trisna

Eka Septiana(1*), Parwoto Parwoto(2), Sitti Hafsah(3),

(1) TK Trisna
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Taman Doa Ibu
(*) Corresponding Author



Abstract


Kemampuan motorik halus pada anak harus ditingkatkan, maka dari itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mencetak dengan bahan alam di TK TRISNA Desa Natar Lampung Selatan. Metodologi penelitian ini adalah tindakan kelas di laksanakan melalui 3 siklus dengan tahap tindakan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian di TK TRISNA Dusun VI Sukarame Desa Natar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Propinsi Lampung, peserta didik dalam penelitian ini anak berjumlah 15, terdiri dari laki-laki 6 dan perempuan 9 penelitian ini dilaksanakan pada Semester I minggu pertama dan minggu kedua bulan Oktober 2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi anak. Berdasarkan hasil observasi tindakan yang dilakukan oleh peneliti pada setiap siklus pada siklus I kategori BB 37,5%, kategori MB 37,5%, kategori BSH 25% dan kategori BSB 0%, meningkat pada siklus II kategori BB 25%, kategori MB 12,5%, kategori BSH 37,5% dan kategori BSB 12%, siklus III kategori BB 0%, kategori MB 6,25%, kategori BSH 37,5% dan kategori BSB 56,25%, kesimpulan dari penilitian ini adalah bahwa kegiatan mencetak dengan bahan alam dapat meningkatkan motorik halus.

Kata Kunci : Motorik Halus, Mencetak, Bahan Alam.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 342 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.