Penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Pada Anak Usia Dini

Marianty Marianty(1*), Muhammad Yusri Bachtiar(2), Indrawati Indrawati(3),

(1) PPG PGPAUD
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) Universitas Negeri Makasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Literasi adalah merupakan seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, Literasi tidak bisa di lepaskan dari kemampuan berbahasa. Berbagai inovasi model pembelajaran dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar literasi anak. Model pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman penerapan sekaligus mempelajari suatu kegiatan pembelajaran adalah model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Adapun keterampilan Literasi pada anak usia dini yaitu dalam mengerjakan suatu proyek anak dapat menerima penjelasan dari guru dan dapat mengunggkapkan atau menanyakan apa saja yang belum anak pahami. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas anak untuk memecahkan masalah dengan menerapkan keterampilan membuat, menciptakan, sampai dengan mengkomunikasikan hasil pembelajaran berdasarkan pengalaman yang nyata dan dilakukan oleh anak.

Kata Kunci: Keterampilan Literasi, Project Based learning, Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.