Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pembelajaran PBL

Fatmawati Fatmawati(1*), Andi Asmawati Azis(2), Sitti Marliyah(3),

(1) UPT SPF SMPN 36 Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 26 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada tanggal 31 mei 2021 s/d 13 Juli 2021. Subject penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 36 Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan perhitungan skor rata-rata. Hasil penelitian: (1) penerapan model pembelajaran problem based learning dengan tahap orientasi masalah, mengorganisasikan peserta didik, membimbing penyelidikan, mengembangkan dan manyajikan hasil, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (2) Hasil belajar kognitif menunjukkan adanya peningkatan pada mata pelajaran IPA siswa kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 36 Makassar menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Hasil belajar kognitif siswa pada skor rata-rata mengalami peningkatan dan jumlah peserta didik yang tuntas belajar atau memperoleh nilai di atas KKM juga mengalami peningkatan. Hasil evaluasi pada siklus 1 yang rata-ratanya 57,5 dengan persentase ketuntasan 40% meningkat pada siklus 2 dengan rata-rata yang diperoleh 66,67 dengan persentase ketuntasan 58% dan hasil evaluasi pada siklus 3 juga mengalami peningkatan dari siklus 2 dengan nilai dengan rata-rata 83,33 dengan persentase ketuntasan 89%.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pengetahuan, Sikap, Keterampilan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.